EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN DALAM PENANGANAN PENGAJUAN DAN PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI JAMINAN KECELAKAAN KERJA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG MALANG
Main Author: | Mohamad Kholis; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Akun/article/view/38680 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nur Kholis, Muhammad. 2015. Evaluasi kinerja perusahaan dalam Penanganan Pengajuan dan Pembayaran Klaim Asuransi Jaminan Kecelakaan Kerja pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. Kata Kunci: klaim asuransi, jaminan kecelakaan kerja BPJS ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab kepada presiden dan berfungsi menyelenggarakan program jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja bagi seluruh pekerja Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan adanya suatu evaluasi kinerja pada BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu evaluasi kinerja yang dibutuhkan yaitu mengenai prosedur penanganan pengajuan dan pembayaran klaim jaminan kecelakaan kerja. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penanganan pengajuan dan pembayaran klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan juga tingkat kepuasan pelanggan pada BPJS ketenagakerjaan Kantor Cabang Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode interview dan angket. Sedangkan metode pemecahan masalah menggunakan metode perbandingan dengan UU No.3 Tahun 1992 tentang Jaminan sosial tenaga kerja dan memberikan angket kepada beberapa peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dari hasil pengamatan Tugas Akhir ini, diperoleh kesimpulan bahwa secara garis besar prosedur penanganan dan pembayaran klaim JKK yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Malang sudah baik. Namun masih ada yang perlu diperbaiki yaitu pada aspek sosialisasi dan manfaat tambahan. Berdasarkan hasil pengamatan ini disarankan kepada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Malang untuk melakukan sosialisasi (datang langsung ke perusahaan, membuat iklan pada televisi, membuat spanduk yang ditempatkan pada perusahaan dan tepi jalan) yang dilaksanakan secara rutin dan bertahap. Selanjutnya melakukan pembagian tugas secukupnya kepada karyawan yang menangani klaim jaminan kecelakaan kerja, serta membuka kantor cabang pembantu di beberapa wilayah area Kota Malang.