Pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar berdasarkan tipe tes pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang
Main Author: | elsmeyti indra serani; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Akun/article/view/22783 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Serani, Elsmeyti Indra. 2012. Pengaruh Efikasi Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar berdasarkan Tipe Tes pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sumadi, S.E, M.M, Pembimbing (2) Dr. Puji Handayati, S.E, M.M,Ak. Kata Kunci: Efikasi Diri Siswa, Tipe Tes, Prestasi Belajar. Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa diharapkan tercermin dalam prestasi belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa baik itu internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal adalah efikasi diri yang dimiliki oleh siswa. Selain itu, untuk melihat perubahan tingkah laku siswa mengenai pemahaman dan penguasaan terhadap mata pelajaran tertentu maka diperlukan evaluasi yang merupakan tahap terakhir dari kegiatan belajar mengajar. Mengingat umumnya bentuk evaluasi, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan bentuk evaluasi berupa tes untuk melihat tingkat pencapaian siswa terhadap pelajaran akuntansi. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan esai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar, pengaruh tipe tes terhadap prestasi belajar siswa, dan pengaruh efikasi diri siswa dan tipe tes terhadap prestasi belajar. Efikasi diri siswa merupakan keyakinan yang dimiliki oleh siswa terhadap kemampuan yang mereka miliki. Sedangkan tipe tes merupakan tes yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian siswa, bentuk tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan esai. Prestasi belajar yang digunakan adalah hasil ulangan tengah semester mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi (Eksplanatory Research). Penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Malang. Populasi pada penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel yang diteliti berjumlah 62 orang. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi berganda dengan menggunakan SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) efikasi diri siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar, (2) tipe tes berpengaruh terhadap prestasi belajar, (3) efikasi diri siswa dan tipe tes berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar. Saran dari penelitian ini yaitu bagi guru sebaiknya mengetahui efikasi diri siswanya sebelum melakukan atau memberikan tes. Selain itu cara dan upaya yang dilakukan oleh guru sangat diperlukan agar siswa mampu memiliki pemahaman secara menyeluruh. Bagi peneliti lain sebaiknya menambahkan variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dan menggunakan sampel yang lebih banyak.