Pengembangan Software Media Pembelajaran Bahan Kimia dalam Makanan Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII

Main Author: Aprilia Indah Rusmita
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/9375
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rusmita, Aprilia Indah. 2010. Pengembangan Software Media Pembelajaran Materi Bahan Kimia dalam Makanan untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. H. Parlan, M.Si. (2) Drs. Muhadi. Kata kunci : media pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, bahan kimia dalam makanan. Ilmu kimia merupakan suatu ilmu pengetahuan yang masih baru bagi siswa SMP. Selain itu sebagian besar konsepnya bersifat informatif dan banyak memuat hafalan. Hal ini membuat siswa cepat merasa bosan jika materi tersebut dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional (cemarah). Salah satu materi yang bersifat informatif dan banyak memuat hafalan adalah bahan kimia dalam makanan. Untuk membantu siswa dalam memahami materi tersebut, maka dibutuhkan suatu media pembelajaran yang menarik bagi siswa dan dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran. Dengan demikian, penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang bersifat inovatif sebagai media alternatif pembelajaran untuk materi bahan kimia dalam makanan. Pengembangan media pembelajaran pada materi Bahan kimia dalam makanan ini dilakukan mengikuti model rancangan Tiagaradjan dengan model 4- D (four D models) yang telah dilakukan sedikit penyesuaian. Model ini lebih rinci dan sistematis. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), dan (3) Develop (pengembangan). Validasi media pembelajaran dilakukan dengan memberikan angket/kuisioner kepada sejumlah validator. Validator terdiri dari dua orang dosen kimia Universitas Negeri Malang dan dua orang guru IPA SMP Negeri 15 Malang. Kelayakan hasil media yang dikembangkan ditentukan dari hasil validasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran bahan kimia dalam makanan yang dikemas dalam CD (compact disc). Media pembelajaran yang dirancang digunakan guru sebagai alat bantu pembelajaran di kelas dan dapat digunakan untuk belajar mandiri siswa dengan bantuan guru sebagai fasilitator . Hasil uji kelayakan validasi isi menunjukkan bahwa media yang dihasilkan mempunyai tingkat kelayakan 86,00%. Dari hasil uji kelayakan ini diketahui bahwa media ini layak digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran untuk materi bahan kimia dalam makanan di SMP/MTs Kelas VIII. Untuk mengetahui efektifitas media yang telah dikembangkan, perlu dilakukan uji lapangan.