Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching-Snowball Throwing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang pada Materi Senyawa Hidrokarbon Tahun Pelajaran 2009/2010

Main Author: NURUL MAWARIDAH; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/7427
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mawaridah, Nurul. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching-Snowball Throwing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang pada Materi Senyawa Hidrokarbon Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., (2) Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Quantum Teaching, Snowball Throwing, Motivasi, Hasil Belajar Kognitif, Hidrokarbon. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah metode pembelajaran Quantum Teaching-Snowball Throwing. Metode ini digunakan sebagai salah satu metode yang inovatif untuk mengajarkan materi senyawa hidrokarbon di kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan motivasi, hasil belajar kognitif siswa, dan korelasi antara motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan melalui metode pembelajaran Quantum Teaching-Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design), deskriptif kuantitatif, dan korelasional. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini adalah kelas X-10 dan X-9 yang dipilih dengan teknik Cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan (silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, lembar kerja siswa (LKS),dan kuis) dan instrumen pengukuran (lembar observasi, tes, dan angket motivasi). Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis statistik kuantitatif, dan analisis korelasional Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan antara motivasi belajar siswa yang dibelajarkan melalui metode pembelajaran Quantum Teaching-Snowball Throwing dan metode ceramah bermakna (thitung (8,545) dan ttabel (2,001); thitung > ttabel. 2) Ada perbedaan antara hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan melalui metode pembelajaran Quantum Teaching-Snowball Throwing dan metode ceramah bermakna (thitung (2,326) dan ttabel (2,001); thitung > ttabel). 3) Ada korelasi yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan melalui metode Quantum Teaching-Snowball Throwing (reksperimen = 0,634).