Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis Garam Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Melibatkan Multipel Representasi

Main Author: Fikriyatul Maulidiyah; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/73426
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/download/73426/69169
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hidrolisis garam merupakan materi kimia yang bersifat abstrak, sifatnya yang abstrak ini membuat siswa kesulitan dalam memahaminya. Pemahaman pada materi hidrolisis garam akan lebih mudah jika multipel representasi diaplikasikan dalam pembelajaran strategi REACT. Pembelajaran strategi REACT akan menarik minat belajar siswa karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (contextual). Pengaplikasian multipel representasi dalam pembelajaran strategi REACT dapat dicapai dengan cara menyediakan bahan ajar yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar hidrolisis garam berbasis REACT dengan melibatkan representasi (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik) yang layak digunakan. Pengembangan ini mengadopsi model pengembangan 4D dari Thiagarajan, dkk.(1974). Namun, tahap penyebaran tidak dilakukan. Validasi dilakukan oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia SMA. Uji keterbacaan dilakukan kepada 10 siswa kelas XI IPA SMA. Hasil pengembangan berupa bahan ajar hidrolisis garam terdiri dari buku siwa dan buku guru. Hasil validasi buku peserta didik dan buku guru secara berurutan adalah 91,3% dan 90,7% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan yang diperoleh sebesar 88,2% Dengan kriteria sangat layak.