Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android pada Materi Asam Basa untuk Siswa Kelas XI SMA

Main Author: BETTI ELGAVITA WINARNI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/72878
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Winarni, Betti Elgavita. 2018. Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android pada Materi Asam Basa untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. (II) M. Muchson, M.Pd. Kata kunci : pengembangan media pembelajaran, virtual lab, android, asam basa Praktikum dapat membantu siswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah terkait konsep yang diajarkan di kelas. Salah satu materi kimia yang membutuhkan kegiatan praktikum adalah asam basa. Kendala yang terjadi pada praktikum asam basa adalah siswa kurang memiliki kesiapan sebelum memasuki laboratorium, sehingga banyak waktu yang terbuang untuk menyiapkan siswa pada kegiatan pra-lab yaitu pada praktikum identifikasi larutan asam basa dan praktikum pengukuran pH larutan. Selain itu, pembelajaran praktikum pada submateri titrasi asam-basa untuk empat jenis titrasi tidak dilakukan seluruhnya karena keterbatasan alat dan bahan. Untuk dapat mengatasi kendala tersebut, dapat digunakan suatu media pembelajaran yaitu virtual lab yang berfungsi sebagai sarana dalam membantu siswa untuk persiapan pra-lab sebelum melaksanakan praktikum, memperkuat pemahaman konsep siswa, dan dapat digunakan sebagai pelengkap dan pengganti laboratorium nyata karena siswa dapat mengulang simulasi praktikum yang tidak dipahami. Peneliti ingin mengembangkan virtual lab berbasis android yang berisi simulasi praktikum penentuan sifat dan pengukuran pH larutan menggunakan beberapa indikator serta simulasi praktikum titrasi asam-basa yang dirancang dalam bentuk permainan sederhana untuk memotivasi siswa dalam memahami materi asam basa. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan virtual lab berbasis android pada materi asam basa untuk siswa kelas XI SMA yang valid dan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Virtual lab berbasis android pada materi asam basa dikembangkan dengan mengadaptasi model perancangan multimedia pembelajaran menurut Lee & Owens. Kelayakan virtual lab ditentukan melalui validasi oleh validator meliputi validitas produk sebagai media pembelajaran dan validitas produk dari segi materi. Validasi dan uji coba kelompok kecil yang dilakukan menggunakan skala Likert yang disertai komentar dan saran pada tiap aspek penilaian. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase rata-rata. Produk akhir dari penelitian ini dikemas dalam bentuk CD dengan format akhir APK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa virtual lab berbasis android pada materi asam basa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. Persentase kelayakan untuk validitas produk sebagai media pembelajaran sebesar 85,44% dan untuk validitas produk dari segi materi sebesar 84,67%. Uji coba kelompok kecil terhadap 12 siswa kelas XI IPA SMAN 8 Malang menunjukkan virtual lab yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 89,27%. Produk akhir virtual lab ini telah direvisi dengan menerapkan komentar dan saran dari validator dan subjek uji coba.