Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nglames pada Pokok Bahasan Hidrokarbon

Main Author: Ika Prasetiyaningsih .; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/6626
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrasetiyaningsih, Ika. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nglames Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Parlan, M.Si. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih, M.Pd, M.Si.Kata kunci: model pembelajaran kooperattif tipe TGT (Teams Games Tournament), aktivitas dan prestasi belajar.Penerapan KTSP yang diiringi dengan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Belajar bukanlah menghafal sejumlah fakta atau informasi. Belajar adalah berbuat untuk memperoleh pengalaman tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan, karena itulah pembelajaran harus mampu mendorong aktivitas siswa. Berdasarkan survey yang dilakukan peneliti diketahui bahwa proses pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Nglames adalah pembelajaran yang belum banyak variasi, diantaranya guru mengajar dengan metode ceramah dan atau kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Nglames pada pokok bahasan hidrokarbon. (2) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Nglames pada pokok bahasan hidrokarbon.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksperimental. Rancangan eksperimental digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar. Sampel penelitian diambil dua kelas secara acak dengan undian yang keduanya mendapatkan perlakuan yang sama dari segi tujuan dan materi yang diajarkan. Perbedaannya terletak pada model pembelajaran yang digunakan. Kelas eksperimental yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Kelas kontrol diajar menggunakan metode yang biasa digunakan oleh gurunya untuk mengajar yaitu pembelajaran kelompok. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Nglames Kabupaten Madiun tahun ajaran 2008/2009, sampel adalah siswa kelas X-A dan X-C. Instrumen penelitian terdiri atas post test dan lembar observasi. Hasil uji coba diperoleh 30 soal valid dengan reliabilitas = 0,861. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05. Aktivitas siswa dianalisis dengan cara perhitungan persentase ketercapaian aktivitas siswa selama pembelajaran dari hasil observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Nglames pada pokok bahasan hidrokarbon. Hal ini terlihat dari persentase ketercapaian aktivitas siswa selama pembelajaran untu siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada tiap aspek cenderung naik dan lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran kelompok. (2) ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Nglames pada pokok bahasan hidrokarbon. Prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) lebih baik (rata-rata 83,2) dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kelompok (rata-rata 76,8).Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Nglames pada pokok bahasan hidrokarbon. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran di kelas untuk materi lain yang sesuai sebagai variasi dalam mengajar.