Pengembangan Bahan Ajar Struktur Atom Berbasis Guided Scientific Inquiry untuk Siswa Kelas X SMA/MA Semester Gasal

Main Author: Amirotul Hikmah; mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/52853
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Pengembangan Bahan Ajar Struktur Atom Berbasis Guided Scientific Inquiry untuk Siswa Kelas X SMA/MA Semester GasalHikmah, Amirotul. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Atom Berbasis Guided Scientific Inquiry untuk Siswa Kelas X SMA/MA Semester Gasal. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Muntholib, S.Pd., M.Si., (II) Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd.Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, struktur atom, guided scientific inquiry.Ilmu Kimia diakui sebagai bidang ilmu pengetahuan yang cukup sulit. Salah satu materi kimia SMA yang dianggap sulit oleh guru dan calon guru kimia dalam mengajarkannya adalah struktur atom. Materi struktur atom bersifat abstrak. Disamping itu, pembelajaran juga belum menekankan belajar bermakna bagi siswa. Upaya pemerintah untuk mengatasi situasi tersebut adalah melalui penggunaan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Salah satu strategi pembelajaran yang berbasis pendekatan ilmiah adalah guided scientific inquiry. Keberhasilan suatu pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk mengajar tetapi juga dipengaruhi oleh bahan ajar yang digunakan sebagai pedoman bagi guru dan sumber belajar bagi siswa. Berdasarkan hasil observasi, buku kimia yang digunakan sudah mengacu pada Kurikulum 2013, namun belum menggunakan pendekatan saintifik secara efektif karena penyajian materi dalam buku tersebut masih disajikan secara informatif, khususnya struktur atom. Oleh karena itu, perlu adanya bahan ajar yang menyajikan materi sesuai dengan pendekatan ilmiah untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar struktur atom berbasis guided scientific inquiry untuk siswa kelas X SMA/MA semester gasal yang layak untuk digunakan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (4D-Model), yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yakni (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebarluasan). Pada penelitian pengembangan ini, tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Bahan ajar hasil pengembangan diuji melalui validasi ahli dan uji keterbacaan. Instrumen validasi dan uji keterbacaan berupa angket dengan menggunakan skala Likert 5 tingkat yang dilengkapi dengan lembar komentar dan saran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dari validasi bahan ajar diperoleh skor rata-rata sebesar 85,74 dari skor maksimal 100 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan skor rata-rata uji keterbacaan bahan ajar adalah 83,87 dengan kriteria layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan. Saran terkait pemanfaatan produk adalah penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran sangat memerlukan peran dan bimbingan guru mengingat strategi yang digunakan adalah guided scientific inquiry. Saran terkait penyebarluasan produk adalah meneruskan pengembangan bahan ajar sampai tahap keempat yaitu penyebarluasan (disseminate). Saran terkait pengembangan produk lebih lanjut adalah melakukan pengembangan bahan ajar pada materi lain yang karakteristik materinya hampir sama dengan materi struktur atom.