Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kediri Pada Materi Larutan Penyangga

Main Author: Tutur Taliningsih; mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/52602
Daftar Isi:
  • ABSTRACT PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS XI SMAN 1 KEDIRI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA Tutur Taliningsih, Munzil, Ridwan Joharmawan Universitas Negeri Malang Email : tuturtaliningsih@yahoo.com, munzil.fmipa@um.ac.id, joharmawan@gmail.com Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif dan HOTS siswa kelas XI SMAN 1 Kediri dalam mempelajari materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan model post test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIIA SMAN 1 Kediri. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis statistik dengan uji-t independent sample test digunakan untuk menguji perbedaan hasil belajar kognitif dan kemampuan HOTS siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Problem Solving pada hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi