PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Main Author: RIKA DAMAYANTI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/39982
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Damayanti, Rika. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si, (II) Nuril Munfaridah, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Model Problem Based Learning, mind mapping, prestasi belajar Prestasi belajar merupakan salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Penggunaan model dan strategi yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran sangat diperlukan. Model Problem Based Learning (PBL) dengan strategi mind mapping dapat digunakan dalam pembelajaran suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning dengan strategi mind mapping terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini berjumlah 70 siswa yang berasal dari 35 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa kelas X MIA 5 sebagai kelompok kontrol di SMAN 8 Malang. Metode pengumpulan data dengan alat ukur tes prestasi belajar Fisika yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda pada materi suhu dan kalor, dokumentasi, serta observasi kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan one tailed t-test dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan strategi mind mapping menghasilkan rata-rata prestasi belajar siswa yang lebih baik daripada rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada materi suhu dan kalor. Hasil ini didukung dengan hasil perhitungan one tailed t-test menunjukkan bahwa, thitung = 3,066 > 1,997 = ttabel(68;0.05). Kemudian hasil perhitungan effect size didapatkan nilai d adalah sebesar 0,74 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dengan strategi mind mapping memiliki pengaruh yang besar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian lain perlu dilakukan untuk mengkaji pengaruh model PBL dengan strategi mind mapping pada variabel lain, misalnya kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa.