Hubungan antara Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar Konsep Mol Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mejayan Madiun
Main Author: | RINI WIJAYANTI; MAHASISWA |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/39623 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wijayanti, Rini. 2015. Hubungan antara Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar Konsep Mol Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mejayan Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. H. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D (II) Muntholib, S.Pd., M.Si. Kata kunci: keterampilan metakognisi, hasil belajar, konsep mol. Metakognisi adalah suatu kesadaran yang dimiliki oleh siswa mengenai apa yang mereka pikirkan dan apa yang dikerjakan pada saat proses pembelajaran maupun saat memecahkan masalah. Metakognisi memiliki dua komponen yaitu pengetahuan metakognisi dan pengalaman metakognisi (keterampilan metakognisi). Keterampilan metakognisi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan perencanaan (planning skill), memonitor setiap kegiatan yang dilakukan (monitoring skill), dan menilai setiap apa yang teah dilakukan (evaluation skill). Adanya keterampilan metakognisi akan menyebabkan pikiran seseorang menjadi terstruktur dan lebih fungsional. Apabila ketiga komponen tadi dilaksanakan dengan baik maka hasil belajar siswa akan naik. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui 1) keterampilan metakognisi siswa, 2) hasil belajar siswa pada materi konsep mol, dan 3) hubungan antara kedua variabel. Penelitian ini juga berguna untuk melakukan verifikasi terhadap hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan desain korelasional, yang menghubungkan antara variabel keterampilan metakognisi dengan variabel hasil belajar. Data penelitian berupa data hasil belajar, dan data keterampilan metakognisi. Data hasil belajar diperoleh dari pengerjaan instrumen berupa soal uraian tentang konsep mol, sedangkan data keterampilan metakognisi diperoleh dari instrumen Metacognitive Awareness Inventory (MCI). Dari kedua data ini kemudian dicari hubungannya dengan person corelation dalam aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata keterampilan metakognisi siswa adalah 73,68, 2) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi konsep mol adalah 58,87, dan 3) terdapat hubungan antara keterampilan metakognisi dengan hasil belajar dengan kategori cukup dan nilai person corelation sebesar 0,609. Evaluation skill memiliki pengaruh paling kuat terhadap hasil belajar dibandingkan planning skill dan monitoring skill.