PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA MENGGUNAKAN STRATEGI GUIDED SCIENTIFIC INQUIRY UNTUK SMA/MA

Main Author: Zul Afni Rohimah; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/37788
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar hukum-hukum dasar kimia menggunakan strategi guided scientific inquiry dan (2) mengetahui kelayakan bahan ajar hasil pengembangan melalui validasi isi dan uji keterbacaan. Metode pengembangan menggunakan model 4D (four D-model) Thiagarajan, dkk (1974) yang dilakukan hingga tahap ketiga yaitu pengembangan (to develop). Hasil validasi isi oleh dosen dan guru berturut-turut menghasilkan persentase sebesar 86,31% dengan kriteria sangat valid dan 85,11% dengan kriteria sangat valid. Uji keterbacaan dilakukan oleh 12 peserta didik kelas XII IPA SMAN 8 Malang. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik sebesar 81,24% dengan kriteria sangat valid. Kata Kunci: bahan ajar, hukum-hukum dasar kimia, guided scientific inquiry