Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas XI Pada Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik, Bentuk Molekul, dan Gaya Antar Molekul
Main Author: | Imelda Widya Kusdwiyulivia; 2007 |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/3429 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/download/3429/3030 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kusdwiyulivia, Imelda Widya. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas XI Pada Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik, Bentuk Molekul, dan Gaya Antar Molekul. Skripsi, Jurusan kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Rahayu, M.Ed. dan (II) Drs. Prayitno, M.Pd. Kata kunci : pengembangan, perangkat pembelajaran, konstruktivistik, kontekstual, struktur atom dan sistem periodik, bentuk molekul, dan gaya antarmolekul. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan. Upaya tersebut diantaranya dapat dilakukan melalui penyempurnaan kurikulum. Dewasa ini, pemerintah telah menerapkan kurikulum baru yang disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam KTSP diharapkan terciptanya pembelajaran yang aktif dimana siswa membangun pengetahuannya sendiri, pembelajaran yang bermakna, dan pembelajaran yang dapat mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan kehidupan nyata. Harapan tersebut dapat diwujudkan melalui pembelajaran yang berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Untuk melaksanakannya, diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang lebih operasional sehingga dapat digunakan sebagai pedoman guru dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa perangkat pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual serta mengetahui kesesuaian dan kelayakan perangkat pembelajaran tersebut untuk dapat diterapkan di SMA/MA. Metodologi dalam penelitian ini diawali dengan survai kondisi lapangan, dilanjutkan dengan pengembangkan perangkat pembelajaran, dan dilakukan validasi. Pengembangan produknya dilakukan berdasarkan model pengembangan rancangan pengajaran Dick & Carey. Langkah-langkah pengembangan Dick & Carey adalah mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum, melaksanakan analisis materi pokok, mengidentifikasi kemampuan awal siswa, menuliskan tujuan pembelajaran khusus, menyusun tes acuan kriteria, memilih strategi pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (validasi), melakukan revisi, dan memproduksi perangkat pembelajaran. Desain uji coba penelitian meliputi validasi formatif dan sumatif. Akan tetapi dalam penelitian pengembangan ini hanya dilakukan validasi formatif yang dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas dua bagian. Bagian pertama merupakan panduan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian, dan buku guru. Bagian kedua berisi buku siswa dan lembar kegiatan siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil validasi dari validator diperoleh kesimpulan bahwa skor yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 85,25 % dengan kriteria valid/baik/layak. Dengan demikian, dapat disarankan agar dilakukan validasi empirik terhadap perangkat pembelajaran tersebut untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran di sekolah.