PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI UNSUR GOLONGAN HALOGEN MENGGUNAKAN MODEL DAUR BELAJAR 5E UNTUK SISWA KELAS XII IPA

Main Author: IMELDA FRANSINA MEZACK; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/31233
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mezack, Imelda Fransina. 2014. Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Unsur Golongan Halogen Menggunakan Model Daur Belajar 5E untuk Siswa Kelas XII IPA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fariati, M.Sc; (II) Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Unsur Halogen, Model 4D, Model Daur Belajar 5E. Pendidikan yang baik dan berkualitas akan memajukan dan menyejahterakan bangsa. Salah satu kebijakan pemerintah dalam memperbaiki pendidikan yaitu melakukan perubahan dalam pendidikan, seperti pengembangan bahan ajar materi kimia. Salah satu materi dikembangkan sebagai bahan ajar SMA yaitu “Unsur Golongan Halogen untuk Siswa Kelas XII IPA” karena materi menarik dan sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari seperti peralatan rumah tangga, makanan, bahkan obat-obatan yang mengandung unsur halogen. Berdasarkan karakteristiknya dan kebermaknaan belajar maka bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model Daur Belajar 5E, dengan harapan agar dapat digunakan oleh siswa secara aktif dalam proses mengkonstruksikan pengetahuan siswa tentang materi unsur halogen, serta meningkatkan prestasi siswa dalam proses belajar mengajar. Pengembangan bahan ajar menggunakan model 4D yang terdiri dari mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan pada pengembangan bahan ajar karena SMA melaksanakan ujian akhir semester. Pengembangan hanya menggunakan sampai tahap ketiga yakni mengembangkan (develop), dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) melakukan analisis pendahuluan; (b) melakukan analisis materi pembelajaran; (c) merumuskan indikator materi; (d) mengkonstruksi materi pembelajaran; (e) menetapkan format bahan ajar; (f) menyusun bahan ajar awal; (g) menelaah bahan ajar awal; (h) merevisi bahan ajar awal; (i) menghasilkan produk bahan ajar. Hasil pengembangan berupa bahan ajar pada materi unsur halogen yang disajikan dengan menggunakan tahap-tahap Daur Belajar 5E. Bahan ajar terdiri dari bagian pendahuluan, isi, dan penutup yang mencakup enam sub materi yaitu: (1) keberadaan unsur halogen di alam dan produk yang mengandung unsur halogen; (2) kecendrungan sifat fisik dan kimia unsur halogen; (3) daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida; (4) senyawa-senyawa halogen; (5) manfaat dan dampak unsur halogen; (6) pembuatan unsur halogen di laboratorium dan industri. Setiap sub-sub materi disajikan sesuai tahapan pembelajaran Daur Belajar 5E.