Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Dan Kesetimbangan Kimia

Main Author: imalia imaniarta; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/29145
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Imaniarta, Imalia. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Dan Kesetimbangan Kimia. Skripsi, Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UM. Pembimbing : (I) Oktavia Sulistina, S.Pd, M.Pd, (II) Dr. Yahmin, S.Pd, M.Si Kata Kunci : praktikum, buku petunjuk praktikum, inkuiri terbimbing, laju reaksi, kesetimbangan kimia Ilmu kimia merupakan ilmu yang berlandaskan eksperimen (experimental science), artinya konsep-konsep yang terdapat dalam materi kimia dapat dibuktikan melalui kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum dapat berjalan lancar dan efektif jika ditunjang dengan adanya buku petunjuk praktikum. Berdasarkan hasil wawancara pada guru kimia SMA Negeri 7 Malang dan SMA Negeri 2 Malang, ketersediaan buku petunjuk praktikum masih sangat terbatas. Penyajian melalui proses inkuri terbimbing dalam buku petunjuk praktikum dapat membantu peserta didik untuk berpikir kritis dan bersikap ilmiah, karena terlibat aktif dalam menyelidiki dan menemukan konsep secara mandiri melalui tahapan-tahapan ilmiah dalam setiap kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil wawancara juga, peserta didik mengalami kesulitan pada materi laju reaksi dan kesetimbangan kimia karena karakteristiknya yang abstrak dan banyak hitungan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dan pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dan kesetimbangan kimia. Pengembangan buku petunjuk praktikum ini menggunakan model pengembangan four-D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tetapi pada pengembangan ini hanya sampai tahap ketiga. Produk hasil pengembangan diuji coba melalui proses validasi isi dan uji keterbacaan serta keterlaksanaan. Validasi isi dilakukan oleh 1 dosen Kimia UM dan 2 guru Kimia SMA. Uji keterbacaan dan keterlaksanaan dilakukan oleh 10 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert serta lembar komentar, kritik, dan saran. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket, sedangkan data kualitatif berupa komentar, kritik, dan saran dari validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitungan rata-rata dan deskriptif. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa buku petunjuk praktikum kimia SMA berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dan kesetimbangan kimia. Hasil validasi isi oleh dosen diperoleh nilai rata-rata 3,67 dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi isi oleh guru diperoleh nilai rata-rata 3,25 dengan kriteria valid. Hasil uji keterbacaan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3,4 dengan kriteria sangat valid dan 84% dapat terlaksana. Berdasarkan hasil validasi isi dari dosen dan guru serta hasil uji keterbacaan dan keterlaksanaan peserta didik menunjukkan bahwa secara umum buku petunjuk praktikum telah valid dan layak digunakan di SMA..