Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Kelas XII Semester 1 Berbasis Learning Cycle 5 Fase
Main Author: | Suriya Wulan Sari; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/28195 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sari, Suriya Wulan. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMAKelas XII Semester 1 Berbasis Learning Cycle 5 Fase. Skripsi, ProgramStudi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj.Endang Budiasih, M.S., (II) Dra. Dedek Sukarianingsih, M.Pd, M.Si. Kata-kata kunci: Pengembangan, buku petunjuk praktikum, Learning Cycle 5Fase Pelaksanaan praktikum dalam pembelajaran kimia akan lebih efektifapabila ditunjang dengan adanya buku petunjuk praktikum. Berdasarkan hasilobservasi diketahui bahwa buku petunjuk praktikum yang digunakan di sekolahbersifat verifikasi dan seperti buku resep. Buku petunjuk praktikum yangdemikian kurang memberi kesempatan pada siswa untuk berpikir secara kritis daanalitis karena siswa hanya mengikuti langkah-langkah yang sudah ada. Olehkarena itu perlu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar berupa bukupetunjuk praktikum yang mampu memberikan solusi untuk permasalahantersebut. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia berbasis Learning Cycl5 Fase adalah suatu proses sistematis dalam merancang dan menyusun bukupetunjuk praktikum kimia yang berbasis model pembelajaran Learning Cycle 5Fase. Learning Cycle 5 Fase mempunyai lima tahapan, yaitu fase engagement,exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Melalui kelima tahapantersebut, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa sehingga terjadiproses belajar bermakna bagi siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan iniadalah untuk menghasilkan dan menguji kelayakan buku petunjuk praktikumkimia SMA kelas XII semester 1 berbasis Learning Cycle 5 Fase. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borgdan Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data,(2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk awal, (4) ujicoba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisiproduk hasil uji coba lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaanproduk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi produk. Namun, dari 10tahapan pengembangan hanya dilakukan sampai tahap kelima karena keterbatasanwaktu dan biaya. Produk hasil pengembangan diuji coba melalui proses validasiisi dan uji keterbacaan terbatas. Validasi isi dilakukan oleh 1 dosen Kimia UMdan 2 guru Kimia SMA, sedangkan uji keterbacaan terbatas dilakukan pada 10siswa SMAN 2 Malang kelas XII IPA. Instrumen pengumpulan data berupaangket dengan skala Likert serta lembar komentar dan saran. Jenis data yangdiperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skorpenilaian dari angket, sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran darivalidator. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitungan nilairata-rata. Hasil validasi isi oleh dosen diperoleh nilai sebesar 3,59 dengan kriteriasangat valid. Hasil validasi isi oleh guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,26dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan terbatas siswa diperoleh nilairata-rata sebesar 3,54 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi isi dari dosen dan guru serta hasil uji keterbacaan siswa menunjukkan bahwa bukupetunjuk praktikum kimia hasil pengembangan telah valid, sehingga dapatdigunakan dalam pembelajaran di SMA. Dalam rangka pengembangan produklebih lanjut maka disarankan untuk meneruskan penelitian sampai tahap uji cobalapangan/uji empiris serta tahap diseminasi dan implementasi produk hasilpengembangan.