Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle 5E

Main Author: Eko Budi Prasetyo Nugroho; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/28002
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nugroho, Eko Budi Prasetyo.2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle 5E.Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Hj. Endang Budiasih, M.S (2) Dedek Sukarianingsing, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: buku petunjuk praktikum kimia, pembelajaran konstruktivistik, Learning Cycle 5E, Ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan yang berlandaskan pada percobaan yang lahir dan berkembang atas percobaan-percobaan di laboratoriun. Peralihan paradigma pembelajaran dari behavioristik menjadi konstruktivistik menuntut siswa untuk dapat menkonstruk pengetahuannya secara mandiri. Petunjuk praktikum kimia yang ada saat ini umumnya mirip dengan resep masakan. Praktikum yang dilakukan bersifat memverifikasi konsep-konsep yang telah diberikan di kelas. Siswa hanya melakukan langkah-langkah yang disediakan dalam petunjuk sehingga terkesan pasif. Selain itu, petunjuk praktikum yang digunakan masih dalam bentuk lembaran kertas dan tidak dibukukan dengan baik. Buku petunjuk praktikum yang dapat membantu mengkonstruk pengetahuan siswa diperlukan sebagai bahan ajar yang sesuai dengan proses pembelajaran yang bersifat konstruktifistik. Model pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme. Proses pembelajaran menggunakan metode Learning Cycle 5E memiliki 5 tahapan pembelajaran yang dapat membatu mengkonstruk pemahaman kognitif siswa. Penelitian ini adalah penetilian pengembangan dengan mengadaptasi pengembangan proses pembelajaran menurut Dick dan Carey.Produk hasil pengembangan yang diharapkan berupa buku petunjuk praktikum yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Kelayakan produk hasil pengembangan di uji dengan uji validitas isi dan uji kelompok kecil. Uji validitas isi produk yang dihasilkan dilakukan dengan pengisian angket penilaian oleh validator yang terdiri dari 1 orang dosen dan 2 orang guru SMA/MA. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif hasil validasi dari validator dianalisis menggunakan teknik penghitungan rata-rata. Data kualitatif dari validator digunakan sebagai masukan untuk melakukan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata uji validasi terhadap buku petunjuk praktikum yang dihasilkan adalah sebesar 3,41 dengan kriteria valid. Hasil validasi terhadap komponen-komponen dalam metode pembelajaran Learning Cycle 5E adalah sebesar 3,6 dengan kriteria valid. Nilai rata-rata uji keterbacaan terbatas terhadap produk yang dihasilkan adalah sebesar 3,12. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran praktikum kimia di laboratorium. ABSTRACT Nugroho, Eko Budi Prasetyo. 2013. The Development of Chemistry Lab Work Guidance Book Based Learning Cycle 5E for Senior high Shchool (SMA/MA) for the 10th Grade Semester 2. Mini Thesis, Department of Chemistry, Faculty of Mathematic and Natural Science, State University of Malang. Supervisors: (1) Dr Hj. Endang Budiasih, M.S., (2) Dra. Dedek Sukarianingsih, M.Pd., M.Si. Keyword: Chemistry lab work guidance book, contructivist learning, learning cycle 5E Chemistry is a science based experimental that born and develop over the experiment in laboratory.Learning paradigm alteration of bevariorist to the contructivist demanding the student to construc their knowledge autonomously. Generally, the presence of chemistry lab work guidance now is similar with food receipt. Lab work that conducted still doing concepts verifications that given in the class. The students only doing the steps that prepared in the guidance book, thus it will be passively impressed. Besides that, the lab book that used still in the form of paper sheet and its not booked well. Lab work guidance book that can help to construct student’s knowledge is necessary as learning material that appropriate with constructively learning process. Learning model of learning cycle 5E is one of leraning method that using contrucstruvism approach. Learning process using Learning Cycle 5E method has 5 learning steps that can help to construct student cognitive understanding. This research is a development research with adapting learning process development as mentioned by Dick and Carey. Product of development result that expected is a lab work guidance book that used learning cycle 5E. The product feasibility of development result examined by content validity test and small group test. Validity test of product content conducted by filling the assessment questionnaire by evaluator that contain of 1 lecturer and 2 senior high scholl teachers. The obtained data is qualitative and quantitative data. Quantitative data of validation result from evaluator analyzed using average counting technique. Qualitative data from evaluator used as input to do product revision. Research result shows thats the average value of validation test to the lab work guidance book is 3.41 with valid criteria. Validation result to the components in the learning method of learning cycle 5E is 3.6 with valid criteria. The average value of limited read test to the resulted product is 3.12. it shows that the resulted product is feasible to be used in the learning process of chemistry lab work in the laboratory