PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MALANG
Main Author: | luluk muhibbah; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/2442 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMuhibbah, Luluk. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Srini Murtinah Iskandar, M.Sc., Ph.D., (II) Dra. Nazriati, M.Si.Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Group Investigation (GI), prestasi belajar, Sifat Fisika, Sifat Kimia, Pemisahan CampuranSejak adanya pembaharuan kurikulum 2004, bahan kajian kimia dimasukkan dalam mata pelajaran sains di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kurikulum sains disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains secara nasional. Pendidikan sains menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah (Depdiknas, 2003:5). Salah satu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang alam sekitar adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sifat Fisika, Sifat Kimia, dan Pemisahan Campuran, 2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pokok Sifat Fisika, Sifat Kimia, dan Pemisahan Campuran.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experiment design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang semester II tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelas VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kelompok (cluster random sampling). Instrumen yang digunakan meliputi silabus, RPP, LKS, tes prestasi, angket, dan lembar observasi. Di antara 35 soal yang diujikan, 21 soal dinyatakan valid dengan reliabilitas soal tes sebesar 0,847.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe (Group Investigation) GI berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,04 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,04. Dari hasil uji-t yang dilakukan, diperoleh t hitung (5,198) > t tabel (2,015), 2) secara umum siswa kelas eksperimen memberi respon yang sangat positif sebesar 37,78% dan respon positif sebesar 62,22% terhadap model pembelajaran kooperatif tipe (Group Investigation) GI pada materi pokok Sifat Fisika, Sifat Kimia, dan Pemisahan Campuran.