upaya peningkatan hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran realistic mathematics education (RME) pada siswa kelas VIIC SMPN 16 Malang
Main Author: | siti asmuah; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/22479 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Asmuah, Siti. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika MenggunakanPembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Pada SiswaKelas VII C SMPN 16 Malang. Skripsi, Program Studi PendidikanMatematika, Jurusan Matematika , FMIPA, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Muchtar Abdul Karim, M.A.,(II) Dr. Hery Susanto, M.Si Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VII C dan siswakelas VII C SMPN 16 Malang, metode yang sering digunakan guru padapembelajaran matematika adalah metode ceramah dilanjutkan dengan pengerjaansoal-soal. Karakter siswa yang sulit mengikuti pembelajaran, membuatpembelajaran matematika menjadi tidak bermakna, sehingga siswa masihmenggunakan hafalan sebagai solusi belajar mereka. Hasil analisis ulangan harianmenunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Dari 46 siswayang sudah mengikuti ulangan terdapat 39,13% siswa yang dinyatakan tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaanpembelajaran matematika dengan menggunakan RME untuk meningkatkan hasilbelajar siswa kelas VII C SMPN 16 Malang pada materi garis dan sudut. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 16 Malang yang berjumlah 46siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari duasiklus dengan siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri daritiga kali pertemuan. Peneliti menggunakan skor tes untuk mengetahui hasil belajarsiswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus Ipersentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 71,74% atau sebanyak 33siswa, sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang tuntas belajaradalah 86,96% atau sebanyak 40 siswa, dengan skor rata-rata kelas naik dari75,39 (untuk skor tes siklus I) menjadi 80,59 (untuk skor tes siklus II). Menurutketuntasan pembelajaran yang diterapkan di SMPN 16 Malang, pelaksanaanpembelajaran dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswamendapat skor minimal 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMPN 16 Malang.