Menggali Konsepsi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang tentang Reaksi Kimia dengan Pendekatan Fenomenografi

Main Author: YUNILIA NUR PRATIWI; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2012
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/21442
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDalam KTSP 2006 disebutkan bahwa salah satu tujuan pem¬be¬la¬jaran kimia di SMA adalah agar peserta didik memiliki ke¬mam¬pu¬an un¬tuk me¬ma¬hami konsep, prin¬¬sip, hu¬kum, dan teori kimia serta saling ke¬ter¬kai¬tan¬nya dan pe¬¬nerapannya u¬n-tuk men¬je¬las¬kan masalah dalam kehidupan sehari-ha¬ri dan tek¬no¬logi. Agar tujuan ter¬sebut dapat ter¬ca¬pai, maka siswa dituntut un¬tuk memahami konsep kimia de-ngan benar dengan cara mengaitkan mengaitkan konsep dan fe¬no¬mena yang berhubungan dengan menggunakan gambaran makroskopik, submikros¬ko¬pik, dan sim¬bolik. Tidak dipahaminya salah satu aspek menyebabkan siswa kesu¬li¬tan memahami konsep dan memungkinkan munculnya konsep alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan kategori deskripsi yang meng¬gam¬bar¬kan konsepsi siswa tentang reaksi kimia dan (2) mengetahui kon¬sep alternatif sis¬wa tentang reaksi kimia.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pen¬dekatan fenomenografi. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan menggunakan alat ban¬tu pedowan wawancara. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Malang de¬ngan sampel penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang yang dipilih secara purposif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Data penelitian berupa trans¬krip hasil wawancara dan gambaran siswa mengenai proses terjadinya reaksi kimia pada ting¬kat partikel. Proses analisis data dilakukan dengan mentranskrip hasil wawancara, meng¬ana¬lisis, kemudian mengkategorikan jawaban siswa bedasarkan kemiripannya ke dalam be¬be¬ra¬pa kategori deskripsi. Untuk menguji keabsahan hasil temuan, dilakukan verifikasi hasil wa¬wancara dengan teman sejawat, proses co-judging, dan check re-check.Hasil penelitian diperoleh lima kategori deskripsi yang menggambarkan konsepsi siswa tentang reaksi kimia. Kategori tersebut disusun secara berjenjang sesuai dengan pertambahan tingkat pemahaman, yaitu (1) proses perpindahan; (2) proses modifikasi; (3) proses transmutasi; (4) proses transformasi; dan (5) proses interaksi kimia. Dalam kategori deskripsi juga ditemukan beberapa konsep alternatif. Implikasi dari hasil penelitian berupa penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran yang bersifat student centered, pentingnya pengetahuan awal siswa, dan penggunaan media pembelajaran.