Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa RSBI Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Malang Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam

Main Author: Auliawati .; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/16112
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Model pembelajaran digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar adalah model Learning Cycle (LC) 6E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dikelas pada saat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E. Model ini berlangsung berdasarkan pertanyaan guru yang terstruktur sejak fase kedua hingga fase kelima. Jenis rancangan penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design) dan rancangan penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Learning Cycle 6E dan ceramah, variabel terikatnya adalah hasil belajar dan aktivitas siswa, dan variabel kontrolnya adalah materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sederhana dan didapatkan 2 kelas penelitian yaitu, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 6E dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrument yang digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran butir soal, dan uji daya beda butir soal. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis pendahuluan yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis hasil yang terdiri dari uji hipotesis dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar pada kelas control yakni 86,76 pada kelas eksperimen dan 80,54 pada kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam. Hasil belajar yang tinggi pada kelas eksperimen juga disebabkan karena proses pembelajaran siswa aktif. Keaktifan siswa tampak dari observasi aktivitas siswa yang dilakukan di kelas eksperimen.