Analisis Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang terhadap Pembelajaran Quantum Teaching- Mind Mapping pada Materi Sistem Koloid

Main Author: Nanda Elok Mayangsari; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/15820
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mayangsari, Nanda Elok. 2011. Analisis Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen pada Pembelajaran Quantum Teaching-Mind Mapping pada Materi Sistem Koloid. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Tri Maryami, M.Pd., (2) Herunata, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Quantum Teaching-Mind Mapping, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Dalam proses belajar mengajar segala sesuatunya berarti, mulai dari setiap kata, pikiran dan asosiasi, serta sampai sejauh mana lingkungan itu dirubah, presentasi dan rancangan pengajaran, sejauh itu pula proses belajar berlangsung. Guru perlu mendalami keadaan siswa-siswanya dengan berusaha memahami berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh siswanya. Kegiatan yang dilakukan siswa dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi dapat diinterpretasikan dari tingkah laku yang dapat diketahui dari hasil belajar. Guru perlu menciptakan pembelajaran aktif yang dapat menimbulkan motivasi pada diri siswa agar siswa mempunyai prestasi yang optimal. Pembelajaran Quantum Teaching-Mind Mapping merupakan perpaduan pembelajaran dimana kegiatan dengan peran dan fungsinya yang saling mendukung untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang lebih variatif dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching-Mind Mapping dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching pada materi sistem koloid. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Quantum Teaching-Mind Mapping dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Quantum Teaching. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik tidak acak dengan pertimbangan penyamaan beban kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan (silabus, RPP, hand out, dan worksheet) dan instrumen pengukuran (tes hasil belajar, angket motivasi dan lembar observasi). Instrumen tes hasil belajar terdiri dari 30 butir soal valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,73. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik berupa uji t dan uji Mann Whitney dengan taraf signifikansi α = 0,050. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Window. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Quantum Teaching-Mind Mapping dapat berjalan dengan baik. Motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, persentase keseluruhan siswa yang sangat termotivasi sebesar 72% sedangkan pada kelas kontrol hanya 56%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 1,907 dan ttabel sebesar 1,670, sehingga motivasi belajar kelas eksperimen terbukti lebih baik dari kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,4 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 79,2. Hasil belajar afektif kelas eksperimen juga lebih baik dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71. Hasil belajar psikomotor kelas eksperimen juga lebih baik dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 77. Berdasarkan uji Mann Whitney pada hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor membuktikan bahwa hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Mayangsari, Nanda Elok. 2011. Analysis of Learning Motivation and Learning Outcomes Student Grade XI IPA SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang toward Quantum Teaching-Mind Mapping Learning in Colloid. Thesis, Chemistry Departement of Mathemathics and Science Faculty State University of Malang. Advisors are: (1) Dra. Tri Maryami, M.Pd. (2) Herunata, S.Pd., M.Pd. Keyword: Quantum Teaching-Mind Mapping Learning, Learning Motivation, Learning Outcomes. In learning and teaching process all of a certain are important, begin from every word, idea and association, and until how far that environment is changed, presentation and lesson plan, as far as that learning process is go on. It is necessary for teacher to deepen student conditon by try to realize various need of student. Student activities is influenced by motivation. Motivation can be interpretinged from behaviour that knowable from learning outcomes. So it is necessary too for teacher to creat an active learning and teaching process that can evoke student motivation so that has optimal learning outcomes. Quantum Teaching-Mind Mapping learning is blended learning where is activity with character and function that mutual support to subsidize study activity more variatif and have a meaning. The aim of this research is to know how learning motivation and learning outcomes of student that taught by Quantum Teaching-Mind Mapping learning compared with student that taught by Quantum Teaching learning in colloid. This research uses quasy experimental design. Experiment class uses study Quantum Teaching-Mind Mapping learning and control class uses Quantum Teaching learning. Research population is all students grade XI SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang 2010/2011. Sample were taken by not random technique, that is class XI IPA 1 as experiment class and class XI IPA 2 as control class. Research instrument that used are learning instrument (syllabus, rpp, hand out, and worksheet) and measuring instrument (test, motivation questionnaire and observation sheet). Test consist of 30 valid questions with value of reliability as big as 0,73. Data analysis of this research was done by descriptive analysis and statistics analysis (t test and Mann Whitney test with standard signifikansi α = 0,050). Data analysis was performed by SPSS 16 for Window. Research result showed that implementation of Quantum Teaching-Mind Mapping learning was god enough. Learning motivation of experiment class was higher than learning motivation of control class. In the experimental class, the overall percentage of students who are very motivated is 72% while in control class only 56%. Based on t test got value tmeasure as big as 1,907 and ttable as big as 1,670, so it is proved that learning motivation of experiment class was better than control class. Cognitive learning outcomes of experiment class was better than control class, with an average value as big as 82,4 while control class as big as 79,2. Affective learning outcomes of experiment class was also better than control class, with an average value as big as 78 while control class as big as 71. Psychomotor learning outcomes of experiment class was also better than control class, with an average value as big as 82 while control class as big as 77. Mann Whitney test that have done proved cognitive, affective and psychomotor learning outcomes of experiment class were better than control class.