Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Berbantuan Media Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kimia Untuk Makanan Di SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang
Main Author: | Miftahur Rahmah; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/14330 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rahmah, Miftahur. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Berbantuan Media Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kimia Untuk Makanan Di SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Moh. Sodiq Ibnu, M.Si, (2) Drs. H. Parlan, M.Si. Kata kunci: media berbasis Macromedia Flash, bahan kimia untuk makanan, model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kimia di SMP BSS masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional. Siswa cenderung pasif, siswa hanya dijejali dengan pengetahuan. Karakteristik siswa SMP BSS yang heterogen kurang sesuai menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa yaitu lebih dari 50 % siswa tidak tuntas pada materi IPA Terpadu. Karakteristik siswa yang heterogen lebih baik diterapkan dengan metode pembelajaran kooperatif (Slavin, 2010). Siswa yang memiliki kemampuan tinggi dapat membantu siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam memahami materi kimia bahan makanan. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan mudah diterapkan adalah model STAD (Student Teams Achivement Divisions). STAD dapat dikombinasikan dengan menggunakan media Macromedia Flash ketika siswa berkelompok. Siswa mencari informasi dan pengetahuan melalui media tersebut. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang Tahun Ajaran 2010/ 2011, seluruh siswa tersebar dalam 2 kelas. Populasi penelitian ini sangat kecil, sehingga populasi ini digunakan seluruhnya yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dilakukan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah ulangan harian. Ulangan harian digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Analisis hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak (two tail test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) berbantuan media Macromedia Flash terhadap prestasi belajar siswa pada materi kimia untuk makanan siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang. Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) berbantuan media Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional