Penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMPN 8 Malang

Main Author: Aisa Suraida; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/9475
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suraida, Aisa. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd dan (II) Drs. Sulisetijono, M.Si Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIII-B SMPN 8 Malang mulai bulan Pebruari 2010 sampai bulan Maret 2010 menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar biologi siswa masih rendah. Guru sudah berusaha memotivasi siswa dengan menggunakan metode yang variatif tetapi belum menunjukkan hasil yang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, untuk mengatasi diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). TGT merupakan pembelajaran kooperatif yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa karena menekankan pada kerja sama kelompok, menghilangkan rasa jemu selama proses pembelajaran melalui permainan yang dilaksanakan di dalam turnamen, sehingga membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII-B SMPN 8 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif TGT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 April 2010 sampai tanggal 2 Juni 2010. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian dalam penerapan pembelajaran kooperatif TGT dapat: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa dari sebesar 95,08% (kategori sangat baik) pada siklus I menjadi 100% (kategori sangat baik) pada siklus II, pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena TGT mengandung unsur permainan yang membuat siswa senang dan rileks dalam belajar serta adanya penghargaan kelompok bagi kelompok yang memperoleh skor tertinggi membuat siswa merasa usahanya dihargai oleh guru; (2) meningkatkan hasil belajar siswa dari skor rata-rata kelas menjadi 73,96 dan ketuntasan klasikal 65,96% sebelum siklus I, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 83,9 dan ketuntasan klasikal 89,36%, dan setelah dilaksanakan siklus II meningkat lagi menjadi 91,61 dan ketuntasan klasikal 97,87%, terdapat selisih hasil belajar siklus I ke siklus II tingkat kesulitan materi berbeda, yaitu materi pada siklus I lebih sulit dibandingkan siklus II. Setelah dilakukan perhitungan diketahui peningkatan hasil belajar siswa, meningkatnya hasil belajar siswa menunjukkan bahwa motivasi belajar mempunyai korelasi positif dan cukup berarti terhadap pencapaian prestasi belajar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-B SMPN 8 Malang.