Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Batu

Main Author: AGUS SAMSUL HUDA; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/7656
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/7656/0
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Huda, Agus Samsul. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Batu. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D (II) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif model STAD, aktivitas belajar, prestasi belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Riyani selaku guru mata pelajaran biologi dan observasi yang telah dilakukan di SMP PGRI 2 Batu Jl. Raya Pandanrejo. No.1A Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada tanggal 28 September dan 1 Oktober 2009, bahwa prestasi belajar siswa masih rendah, dengan rerata skor ketuntasan belajar siswa pada tes formatif Sistem Pencernaan pada Manusia yaitu 64.64 %. Berdasarkan SKBM (Standar Kelulusan Belajar Minimal) di SMP PGRI 2 Batu seorang siswa disebut tuntas belajar jika telah mencapai SKBM dengan nilai 65 dan daya serap klasikal 70 %. Hal ini menunjukkan masih banyak siswa yang masih belum mencapai SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu, guru jarang menerapkan pembelajaran kooperatif dalam pengajaran di kelas, masih cenderung menggunakan metode ceramah dan merangkum. Penelitian ini menerapkan pembelajaran STAD yang tahapan pembelajarannya: 1) Penyajian kelas, 2) Belajar kelompok, 3) Tes atau kuis, 4) Skor peningkatan individu, dan 5) Penghargaan kelompok. Pada pembelajaran ini jumlah siswa sebanyak 39 orang yang terdiri dari 27 siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Siswa dibentuk dalam 6 kelompok yang terdiri dari 4-6 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Pada saat diskusi 2 orang anggota kelompok mempunyai tanggung jawab terhadap 2 soal pada lembar diskusi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa serta mengetahui presepsi siswa terhadap pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas lima tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi tindakan. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP PGRI 02 Batu yang dilaksanakan pada tanggal 24 November sampai 15 Desember 2009. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah: lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, soal tes, catatan lapangan, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 52,69 %, sedangkan pada siklus II 74,91% dan peningkatan prestasi dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang mencapai SKBM. Pada siklus I mencapai SKBM sebesar 66,7%, dan siklus II sebesar 79,49 %.