Pengaruh Pengetahuan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kesadaran Lingkungan terhadap Partisipasi Siswa SMA Negeri di Kota Malang

Main Author: Rizka Permatasari; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2017
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/65041
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Permatasari, Rizka. 2017. Pengaruh Pengetahuan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kesadaran Lingkungan terhadap Partisipasi Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endang Suarsini,M.Ked., (2) Siti Imroatul Maslikah,S.Si.,M.Si. Kata Kunci: pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup, kesadaran lingkungan, partisipasi siswa.Kegiatan pembangunan dan pesatnya kemajuan teknologi berdampak pada lingkungan yaitu pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Pengelolaan yang baik perlu dilakukan untuk memulihkan lingkungan dan mencegah kerusakan yang semakin parah. Setiap orang berhak dalam pengelolaan lingkungan hidup. Institusi pendidikan khususnya SMA Adiwiyata diharapkan ikut berpartisi pada perlindungan dan pelestarian lingkungan sebab secara formal pendidikan lingkungan hidup telah terintegrasi ke dalam kurikulum sekolah dengan demikian diharapkan siswa telah memiliki pengetahuan lingkungan yang baik dan tingkat kesadaran lingkungan yang tinggi.Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup terhadap partisipasi siswa (2) pengaruh kesadaran lingkungan terhadap partisipasi siswa, dan (3) pengaruh pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan terhadap partisipasi siswa SMA Negeri di Kota Malang.Penelitian diklasifikasikan sebagai penelitian survei dengan instrumen kuesioner berskala likert. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2017 di empat sekolah adiwiyata yaitu SMAN 2, SMAN 5, SMAN 7, dan SMAN 8 Kota Malang. Sampel penelitian berjumlah 100 orang pada masing-masing sekolah sehingga total sampel adalah 400 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji T, dan uji F yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi siswa dalam pelestarian lingkungan (2) kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi siswa dalam pelestarian lingkungan (3) pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan secara bersama-sama memengaruhi partisipasi siswa dalam pelestarian lingkungan.