Penerapan Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Square Share (TPSS) Materi Sistem Koordinasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Tulungagung 1
Main Author: | Rizka Nurlaili; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2017
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/64984 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelasyang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dengan menggunakan pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Square Share guna meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil observasi wawancara terhadap guru Biologi MAN Tulungagung 1 diketahui bahwa guru mengalami kesulitan dalam mengajar materi Sistem Koordinasi karena materi tersebut abstrak dan selama ini guru hanya mengandalkan metode ceramah dan pembelajaran secara berkelompok seperti biasa. Kurangnya inovasi pembelajaran mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 MAN Tulungagung 1. Terdapat 2 siklus penelitian, pada masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data berupa analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan adalah Silabus, RPP, LKPD berupa fakta-fakta yang berkaitan dengan materi Sistem Koordinasi, Soal tes pada akhir setiap siklus, dan catatan lapangan.Hasil Penelitian menunjukkan terdapat kenaikan hasil belajar kognitif dari ketuntasan klasikal 40,5% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentase rata-rata 88,2% menjadi 95,9% pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotor mengalami peningkatan dari 90,5% pada siklus I menjadi 97,3% pada siklus II