PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Main Authors: | Yeni . Ernawati; Perpustakaan UM, Yeni . Ernawati; perpus UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/6238 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ernawati, Yeni. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Susetyoadi Setjo, M.Pd dan (II) Dra. Hawa Tuarita, M.S. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIII-D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang mulai bulan Juli 2009 sampai bulan Agustus 2009 menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa dapat diketahui dari tingkah laku siswa pada saat kegiatan pembelajaran, antara lain 1) pada saat pembelajaran sebagian besar siswa menunjukkan sikap kurang berminat mengikuti pelajaran. Siswa kurang aktif bertanya, menjawab serta mengungkapkan pendapatnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung walaupun guru sudah sering memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, 2) ada beberapa siswa yang memicu kegaduhan misalnya mengganggu temannya, celometan sehingga memicu kegaduhan kelas, 3) pada saat kegiatan diskusi, tidak semua siswa antusias mengikuti pelajaran, hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakan tugas sedangkan siswa yang lain banyak yang mengobrol dan bergurau di luar materi pelajaran, 4) beberapa siswa tidak mendengarkan pendapat temannya dan tidak mendengarkan penjelasan guru. Guru sudah berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran misalnya dengan praktikum dan diskusi kelas tetapi belum menunjukkan hasil yang maksimal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah, yaitu rata-rata skor tes 69,27 dan ketuntasan klasikal hanya 68,29%. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, untuk mengatasinya diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif NHT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif NHT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2009 sampai tanggal 18 November 2009. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif NHT dapat: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa dari sebesar 62,46% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 80,77% (kategori baik) pada siklus II; (2) meningkatkan hasil belajar siswa dari skor rata-rata kelas sebesar 69,27 dan ketuntasan klasikal 68,29% sebelum siklus I meningkat menjadi 77,93 dan ketuntasan klasikal 82,93% setelah siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,78 dan ketuntasan klasikal 92,68% setelah siklus II.