penerapan model pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu dengan picture and picture untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 6 Malang

Main Author: DEWI PURNAMAWATI; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/6082
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurnamawati, Dewi. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dua Tinggal Dua Tamu dengan Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA- 2 SMAN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H.M. Noviar Darkuni, M. Kes, (II) Dra. Sri Rahayu Lestari, M. Si.Kata kunci: model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu dengan Picture and Picture, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar Biologi Hasil observasi di kelas X selama kegiatan PPL di SMAN 6 Malang, metode ceramah sering digunakan oleh guru biologi kelas X, dan ditemukan antara lain: 1). Siswa pasif, 2). Siswa enggan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, 3). Ada siswa yang berbicara sendiri dengan teman sebangkunya, 4). ditemukan juga jumlah buku paket biologi atau buku bacaan biologi kurang, dan 5). Siswa bergantian membaca buku paket biologi ketika guru menjelaskan materi. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-2 SMAN 6 Malang, 2). Upaya peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-2 SMAN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu dengan Picture and Picture yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh berupa kemampuan berpikir kritis, hasil belajar biologi siswa (kognitf dan afektif), dan data pendukung berupa hasil observasi keterlaksanaan setiap tindakan pembelajaran serta catatan lapangan. Kemampuan berpikir kritis dianalisis melalui jawaban tes uraian setiap akhir siklus berdasarkan rubrik dan non rubrik, sedangkan hasil belajar biologi (kognitif) dianalisis berdasarkan skor tes akhir siklus dan persentase ketuntasan belajar klasikal dan hasil belajar biologi (afektif) dianalisis berdasarkan skor rata-rata sikap siswa berdasarkan pada hasil penilaian kemampuan afektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 29,0 sedangkan pada siklus II sebesar 37,73. Hasil belajar biologi siswa, 1). Rata-rata skor kemampuan kognitif pada siklus I sebesar 73,85 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 73% sedangkan pada siklus II sebesar 89,96 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%, 2). Rata-rata skor kemampuan afektif pada siklus I sebesar 3,365 sedangkan pada siklus II sebesar 3,981. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu dengan Picture and Picture meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA-2 SMAN 6 Malang, oleh karena itu disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu dengan Picture and Picture untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran yang lain selain mata pelajaran biologi.