PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF AUTOPLAY PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN/IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PANJURA MALANG

Main Author: Rianita Ulifianti; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/53908
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/53908/42572
Daftar Isi:
  • Materi keseimbangan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah menurut siswa merupakan materi yang sebenarnya menarik dan sangat bermanfaat, namun sering kali terasa membosankan disampaikan dengan metode ceramah. Disamping itu, siswa tidak mendapatkan contoh mendaur ulang limbah untuk dapat dipraktikan dikehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu, siswa membutuhkan media pembelajaran yang selain menarik dan memiliki contoh cara mendaur ulang limbah yang dapat mereka praktikan sendiri di rumah juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi keseimbangan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah berupa multimedia interaktif Autoplay untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Multimedia interaktif Autoplay dikembangkan berdasarkan model pengembangan ASSURE. Tahapan-tahapannya adalah Analyze Learner, State Objective, Select Methodes, Media, and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learners Participations, dan Evaluate and Revise. Multimedia ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru berdasarkan angket validasi. Tingkat kepraktisan dan efektifitas media serta nilai ketuntasan klasikal yang diperoleh berasal dari siswa angket respon siswa dan hasil pre-test dan post-test siswa. Hasil validasi oleh para ahli media yaitu 94,84%, ahli media sebesar 95,28%, dan praktisi lapangan sebesar 99,375% menunjukkan bahwa media sangat baik. Tingkat kepraktisan multimedia interaktif Autoplay memiliki presentase sebesar 90,57% yang juga memiliki kriteria sangat valid. Berdasarkan rata-rata nilai pre-test dan post-test, maka didapat gain-score sebesar 0,75 dan didapat nilai ketuntasan klasikal sebesar 71,42% yang berarti media memiliki efektifitas yang cukup tinggi yang menandakan bahwa media dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data validasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Autoplay pada materi keseimbangan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah sangat valid atau sangat layak untuk di gunakan.