Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Reading, Questioning and Answering (RQA) untuk Siswa SMA Kelas XI pada Materi Sistem Ekskresi
Main Author: | Nurul Ika Noviyanti; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/51531 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/51531/38884 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Noviyanti, Nurul Ika. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Reading, Questioning and Answering (RQA) untuk Siswa SMA Kelas XI pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (2) Nuning Wulandari, S.Si, M,Si. Kata Kunci : pengembangan modul, pembelajaran biologi, sistem ekskesi,RQA, penelitian dan pengembangan. Pengembangan Modul pembelajaran biologi ini didasari oleh kurangnya sumber belajar penunjang materi Sistem Ekskresi di SMA Laboratorium UM. Sumber belajar yang digunakan siswa kelas XI adalah buku paket KTSP yang tidak memadai siswa belajar secara mandiri, dan LKS yang digunakan cenderung tidak menarik. Sulitnya materi dan kurang tersedianya buku penunjang dapat mempengaruhi rendahnya pemahaman siswa tentang materi Sistem Ekskresi. Ketidakpahaman siswa tersebut mencakup struktur anatomi ginjal, mekanisme fisiologi ginjal, penyakit dan gangguan pada sistem ekskresi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul Pembelajaran Biologi pada materi Sistem Ekskresi berbasis RQA yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 dan kebutuhan siswa SMA / MA kelas XI yang tervalidasi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) oleh Thiagarajan, dkk. (1974), tetapi pengembangan modul ini hanya sampai tahap 3-D. Kualitas Isi materi modul ini divalidasi oleh ahli materi dari jurusan biologi Universitas Negeri Malang. Kualitas media pembelajaran, modul ini divalidasi oleh ahli pengembangan dari jurusan biologi Universitas Negeri Malang. Modul ini juga divalidasi oleh guru biologi selaku praktisi lapangan, dan telah diuji cobakan kepada 15 siswa SMA Laboratorium UM. Hasil validasi modul ini oleh validator ahli materi dari Jurusan Biologi FMIPA UM menunjukkan rata-rata sebesar 3,77. Hasil validasi oleh ahli pengembangan modul menunujukkan rata-rata sebesar 3,83 dan praktisi lapangan sebesar 3,58. Rerata hasil uji kepraktisan terhadap siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM menunjukkan persentase sebesar 88,5% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil pre eksperimen modul sebesar 83,37% dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil pengembangan, modul sistem ekskresi memiliki kriteria sangat valid sehingga sangat baik untuk digunakan. Modul yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi sumber belajar alternatif untuk menunjang kegiatan pembelajaran biologi, khususnya pada materi sistem ekskresi.