Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dipadu Think, Talk, Write (TTW) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar IPA SiswaKelas VII TahunAjaran 2015/2016

Main Author: Dewa Ayu Swaratri; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/50876
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Swaratri, Dewa Ayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dipadu Think, Talk, Write (TTW) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima, M.Pd., (II) Dr. Murni Sapta Sari, M.Si.Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Think, Talk, Write, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar IPAPendidikan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh suatu Negara untuk membentuk generasi penerus bangsa yang dapat memajukan dan mengembangkan kualitas Negara. Selain itu pendidikan pada era globalisasi dibutuhkan dalam menjamin siswa memiliki keterampilan abad ke-21. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan siswa adalah keterampilan metakognitif. Metakognitif merupakan kesadaran dan kontrol terhadap proses berpikir. Beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa guru kurang memberdayakan keterampilan metakognitif selama proses pembelajaran, hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Langkah yang dapat diakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan dan melakukan peneltian terhadap suatu model pembelajaran yang dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua tujuan yaitu tujuan pengembangan untuk mengembangkan dan menyusun model pembelajaran dan perangkat pembelajaran model Reciprocal Teaching (RT) dan Think, Talk, Write (TTW). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Reciprocal Teaching (RT) dan Think, Talk, Write (TTW), dan paduannya terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan diawali dengan mengembangkan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Prosedur pengembangan model pembelajaran RT dipadu TTW menggunakan model Plomp, sedangkan pengembangan perangkat menggunakan prosedur model 4-D Thiagarajan. Hasil pengembangan digunakan pada penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Research) dengan desain non equivalent control group design. Data yang diperoleh berupa nilai keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif melalui pretest dan post-test dengan 18 soal uraian, hasil belajar sikap dan hasil belajar keterampilan. Instrumen yang digunakan rubrik keterampilan metakognitf dan hasil belajar kognitif, lembar observasi sikap dan keterampilan. Analisis data untuk keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan sikap menggunakan analisis kovarian (anakova), sedangkan hasil belajar keterampilan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) , Think, Talk, Write (TTW), dan perpaduannya terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA siswa kelas VII. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran RT, TTW, dan perpaduannya untuk dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan meningkatan hasil belajar siswa.