Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 13 Malang

Main Author: Dhianita Chomala Ayu Damayanti; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/5035
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 30 dan 1 April 2009 di kelas VII-D SMP Negeri 13 Malang diketahui bahwa sebagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru sehingga siswa terlihat kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, selain itu masih banyak siswa yang belum tuntas hasil belajarnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan pendekatan kontekstual. Melalui penerapan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-D di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri atas empat tahapan. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas VII-D semester genap tahun ajaran 2008-2009 SMP Negeri 13 Malang. Dalam penelitian ini data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian, sedangkan data hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre-test dan post test serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari 60,16% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 69,68% (baik) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I skor rata-rata pre test kelas sebesar 62,94 dan skor rata-rata post test kelas sebesar 75,06 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,35%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata pre test kelas sebesar 66,12 dan skor rata-rata post test kelas sebesar 78,09 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi sebesar 88,24%. Berdasarkan hasil penelitian di atas diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-D SMP Negeri 13 Malang.