Pengembangan Modul Biologi dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UM

Main Author: Dianti Wulandari; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/49239
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wulandari, Dianti. 2016. Pengembangan Modul Biologi dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UM. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd. Kata Kunci: modul, POE, Sistem Ekskresi, motivasi, hasil belajar Model POE dapat membangun pengetahuan, memotivasi, dan meningkatkan pemahaman konsep sains siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, SMP Laboratorium UM merupakan sekolah yang menerapkan sistem modul. Namun modul yang digunakan belum dikemas secara menarik dan belum adanya gambar/ilustrasi yang mendukung, sehingga motivasi belajar siswa masih rendah yaitu hanya sebesar 54%. Akibatnya, hasil belajar siswa juga rendah, ditunjukkan dengan hasil belajar pada Sistem Ekskresi yang masih sekitar 29% siswa memiliki nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pengembangan modul dengan model POE pada Sistem Ekskresi. Modul ini dikembangkan dengan mengadaptasi 7 tahap pada model pengembangan Borg and Gall. Tahapan-tahapan tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, dan revisi produk operasional. Data yang diperoleh meliputi data validasi, data uji coba, motivasi dan hasil belajar. Data validasi diukur dengan angket validasi oleh ahli pembelajaran, ahli materi, dan ahli penerapan lapangan. Data uji coba berupa angket yang diisi oleh siswa. Motivasi belajar diukur dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh John Keller, yaitu ARCS. Hasil belajar yang diukur meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil analisis data angket validasi oleh ahli pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 94,1% untuk modul guru dan 95,3% untuk modul siswa. Rata-rata yang diperoleh dari angket validasi oleh ahli materi dan ahli penerapan lapangan adalah 93,6% dan 94,6%. Hasil uji coba pada 34 siswa diperoleh rata-rata 86%. Berdasarkan hasil tersebut, modul dikategorikan sangat valid. Modul yang dikembangkan ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Ditunjukkan dengan hasil motivasi belajar siswa yang diperoleh sebelum menggunakan modul sebesar 3,5 dan setelah menggunakan modul sebesar 3,94. Kemudian hasil belajar kognitif ditunjukkan dengan rata-rata nilai pre-test dan post-test sebesar 69,8 dan 79,6. Selain itu ditunjukkan juga dengan hasil belajar psikomotor yang memiliki rata-rata nilai pada praktikum 1 dan 2 sebesar 73, praktikum 3 sebesar 75, dan praktikum 4 sebesar 80. Selanjutnya untuk hasil belajar afektif siswa diperoleh dengan rentangan nilai 58 sampai 92, yaitu 8 siswa dengan kriteria cukup, 25 siswa dengan kriteria baik, dan 1 siswa dengan kriteria amat baik. ABSTRACT Wulandari, Dianti. 2016. The Development Biology Module of POE (Predict-Observe-Explain) Model of Material Excretion System to Improve Motivation and Learning Outcomes of 8th Grade Laboratorium UM. Thesis (Undergraduate), Study Program of Biology Education, Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Malang. Advisor: (I) Dra. Sunarmi, M. Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd. Keywords: module, POE, Excretion System, motivation, learning outcomes POE can built knowledge, motivated, and improved student’s understanding of science concepts. The result of interview with teacher, SMP Laboratorium UM is applying module system. However modules used still not attractively packaged and haven’t pictures/illustrations to support it, so the student's motivation to learn is low about 54%. Consequently, the student learning outcomes is also low, which indicated by the results of study at the Excretion System about 29% still below KKM. Therefore, this research aimed to improve motivation and student learning outcomes by developing module with POE model at the Excretion System. This module was developed by adapting the 7 steps in the developmental model of Borg and Gall. These steps are the research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, and operational product revision. Data obtained were validation data, test data, motivation, and learning outcomes. Validation data measured with questionnaire validation by learning expert, material expert, and application of the field expert. Test data in the form of a questionnaire completed by the students. Learning motivation was measured with instruments developed by John Keller, the ARCS. Learning outcomes measured the cognitive, affective, and psychomotor. Based on data analysis of validation questionnaire by learning expert was obtained the average 94.1% for teacher module and 95.3% for students module. The average obtained of validation questionnaire by material expert and application of field expert were 93.6% and 94.6%. The results of tests by 34 students was obtained the average 86%. So the module was included into very valid category. This module was developed that it could be increased motivation and student learning outcomes. That was indicated by the result of student learning motivation before used the module was 3.5 and after used the module was 3.94. Then, the cognitive learning outcomes was indicated by the average value of the pre-test and post-test were 69.8 and 79.6. Furthermore, the psychomotor learning outcomes was indicated by the average value of practicum 1 and 2 was 73, practicum 3 was 75, and practicum 4 was 80. The affective learning outcomes was obtained value range of 58 to 92, were 8 students with enough criteria, 25 students with good criteria, and 1 student with very good criteria.