Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang

Main Author: HAPPY KAMALA RIZQI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/44457
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/44457/27493
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rizqi, Happy Kamala. 2015. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang. Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M. Pd., (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani, M. Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Penerapan pembelajaran student centered di SMP Brawijaya Smart School Malang pada faktanya belum dapat terealisasi secara penuh. Sekalipun sekolah telah menggunakan Kurikulum 2013, tetapi penerapan model pembelajaran yang sesuaimasih belum maksimal. Akibat pembelajaran student centered yang belum maksimal inilah, maka mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi yang rendah terlihat dari hanya beberapasiswa yang aktif dan tertarik dengan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah juga terlihat dari pencapaian nilai yang dibawah KKM masih>15% dari total seluruh siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang dan (2) mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitianpre-test and post-test group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Brawijaya Smart School yang terdiri dari lima kelas, yaitu VIII A-VIII E. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sample sehingga diperoleh duakelas VIII sebagai sampel, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket dan lembar observasi motivasi belajar, angket dan lembar observasi hasil belajar sikap, teshasil belajar pengetahuan. dan lembar observasi hasil belajar keterampilan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji anakova dan independent sample t-test padataraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh PBL terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School. Pengaruh PBL terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang pada masing-masing ranah adalah: (1) adapengaruh PBL terhadap hasil belajar sikap sosial siswa, (2) tidak ada pengaruh PBL terhadap hasil belajar spiritual siswa, (3) ada pengaruh PBL terhadap hasil belajar pengetahuan siswa(4) ada pengaruh PBL terhadap hasil belajar keterampilan siswa. Penerapan PBL untuk meningkatkan motivasi agar menjadi lebih maksimal sebaiknya dilakukan modifikasi.