PENERAPAN MODEL INKUIRI DENGAN METODE HYPNOTEACHING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII.3 SMP NEGERI 21 MALANG
Main Author: | Fadhilah Rahayu; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/44314 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/44314/27280 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rahayu, Fadhilah. 2015. Penerapan Model Inkuiri dengan Metode Hypnoteaching Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII.3 SMP Negeri 21 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi, Progam Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc, Ph.D, (II) Dra. Amy Tenzer, M.S Kata Kunci: inkuiri, hypnoteaching, lesson study, motivasi, hasil belajar. Berdasarkan observasi pembelajaran di kelas VIII.3 SMP Negeri 21 Malang selama kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada tanggal 11 Agustus-20 September 2014 dan wawancara dengan guru Biologi pada tanggal 10 November 2014, diketahui bahwa keberhasilan belajar klasikal siswa SMP Negeri 21 Malang adalah 71,88%, siswa mengaku sulit sekali memahami konsep IPA. Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yaitu dengan pembelajaran model inkuiri dengan metode hypnoteaching berbasis lesson study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri dengan metode hypnoteaching berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 21 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Materi pada siklus pertama adalah sistem ekskresi yang terdiri dari 6 pertemuan (15 JP) dan siklus kedua adalah indera pendengaran dan sistem sonar pada makhluk hidup yang terdiri dari 7 pertemuan (17 JP). Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat menjadi 4.22 (Baik) setelah dilaksanakan siklus I dan meningkat lagi menjadi 4.30 (Baik) setelah dilaksanakan siklus II. Hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan juga mengalami peningkatan. Keberhasilan belajar klasikal ranah pengetahuan pada siklus I sebesar 90.63% meningkat menjadi 100% setelah dilaksanakan siklus II. Keberhasilan belajar klasikal siswa ranah sikap sebesar 83.44% pada siklus I meningkat menjadi 85.94% pada siklus II. Keberhasilan belajar klasikal siswa ranah keterampilan setelah siklus I sebesar 83.59% meningkat menjadi 84.38% setelah siklus II. Kesimpulan berdasarkan temuan penelitian adalah pembelajaran menggunakan model inkuiri dengan metode hypnoteaching berbasis lesson study terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 21 Malang. Agar pembelajaran berjalan dengan lebih baik sebaiknya guru memberikan penjelasan lebih detail lagi kepada siswa sebelum dimulainya pelajaran bagaimana penggunaan Jam Tombol, Jam Lepas, Jam Tenang, dan Jam Diskusi yang terdapat pada metode hypnoteaching.