Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Wates Kabupaten Blitar

Main Author: Novia Qurrota Ayun; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/43565
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ayun, Novia Qurrota. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Wates Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Masjhudi, M.Pd (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Script, motivasi, hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi diketahui bahwa secara umum siswa kelas VIIA SMPN 02 Wates Kabupaten Blitar kurang memiliki motivasi belajar dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Kesulitan yang dihadapi oleh guru ketika kegiatan pembelajaran adalah siswa terlalu ramai dan kurang memperhatikan pelajaran, siswa kurang antusias terhadap materi, minat baca kurang dan siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya di depan kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIA SMPN 02 Wates melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 02 Wates melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script.Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN 02 Wates Kabupaten Blitar, semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa dengan materi Organisasi Kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi, lembar observasi keterlaksanaan tindakan guru dan siswa, tes akhir siklus, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dapat diterapkan di SMP Negeri 02 Wates dengan persentase keterlaksanaan tindakan guru pada siklus I 91,63% dan pada siklus II 94,26% serta keterlaksanaan tindakan siswa pada siklus I 92,59% dan pada siklus II 94,26%. Model pembelajaran Cooperative Script juga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMPN 02 Wates Kabupaten Blitar. Motivasi belajar klasikal mengalami peningkatan dari 77,67% (tingkat keberhasilan tinggi) pada siklus I menjadi 91,12 (tingkat keberhasilan sangat tinggi) pada siklus II, dengan perincian sebagai berikut: aspek minat mengalami peningkatan sebesar 13,41%, keaktifan sebesar 24,87%, usaha sebesar 8,31%, konsentrasi sebesar 14,81% dan efisiensi kerja sebesar 5,85%. Ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sebesar 68,18% meningkat menjadi 86,36% pada siklus II.