Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Dengan Think Pair Share (TPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Main Author: | Tantyo Linarti; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/43468 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Linarti, Tantyo. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dipadu dengan Think Pair Share (Tps) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd, (II) Nuning Wulandari, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar Pembelajaran biologi yang dilakukan oleh guru saat ini lebih banyak menggunakan metode ceramah. Guru kurang melakukan variasi model pembelajaran di setiap materi sehingga pembelajaran biologi terkesan monoton dan menghapalkan materi. Pembelajaran yang ideal untuk pembelajaran biologi seharusnya tidak hanya dengan metode ceramah. Ilmu biologi adalah ilmu yang sangat kompleks, sehingga siswaseharusnya mampu untuk membentuk pengetahuannya sendiri melalui pengamatan di lingkungansekitarnya. Kenyataannya, pembelajaran yang berlangsungsaatini belumdapatmelibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran terkesan masih teacher centered. Pembelajaran dengan menggunakan model PBL dipadu dengan TPS diharapkan mampu untuk mengaktifkan siswa, sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran serta sebagai suatu sarana untuk membantu siswa untuk membangun sendiri suatu konsep mengenai materi yang sedang dibahas. Keaktifan siswa tersebut diharapkan dapat membuat siswa menjadi lebih paham mengenai konsep sehingga hasil belajar siswapun akan menjadi lebih baik.Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi dan 2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa.Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan Two Group, Pretest posttest Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PBL dipadu dengan TPS, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gondanglegi. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Motivasi dan hasil belajar siswa diukur dengan tes. Data diambil dari hasil pretest dan posttest. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji anakova padataraf signifikasi 0,5% (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran PBL dipadudenganJ TPSterhadapkemampuanmotivasisiswakelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi dan 2) ada pengaruh model pembelajaran PBL dipadu dengan TPS terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi.