Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII
Main Author: | Hosnul Khotimah; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/43357 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Khotimah, Hosnul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd, (II) Dr. Umie Lestari, M.Si. Kata kunci: inkuiri terbimbing, mind mapping, motivasi belajar, hasil belajar Motivasi belajar yang memadai akan mendorong siswa berperilaku aktif untuk berprestasi dalam kelas. Siswa yang termotivasi mempelajari sebuah topik cenderung melibatkan diri dalam berbagai aktivitas yang diyakininya akan membantu dirinya belajar. Termotivasinya siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Menurut observasi dan penelitian terdahulu terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPA seperti motivasi belajar siswa rendah yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang diduga efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diberi model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Menurut berbagai sumber, inkuri terbimbing efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang berakibat pada meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran inkuiri dapat dipadu dengan sebuah teknik meringkas yaitu teknik mind mapping. Melalui mind mapping siswa mampu memfokuskan perhatian pada apa yang menjadi inti persoalan melalui asosiasi dan pengembangan imajinasi, menciptakan kesan yang lebih kuat sehingga mudah diingat. Dengan demikian, diharapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan kelompok non-ekivalen (non equivalent control group design). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII SMP BSS tahun pelajaran 2014/2015. Sampel untuk penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data di analisis dengan analisis kovarian (Anakova). Siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping memiliki motivasi 6,99% lebih tinggi daripada siswa dengan pembelajaran biasa. Selain itu, siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping memiliki hasil belajar 5,88% lebih tinggi dari pembelajaran biasa. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar sehingga direkomendasikan untuk diterapkan oleh guru dalam pembelajaran di kelas.