Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 15 Malang Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Main Author: Ayu Nupitasari; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/43181
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa menurut Kurikulum 2013 mencakup kompetensi pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 disesuaikan dengan pendekatan ilmiah salah satunya menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek sudah diterapkan di SMPN 15 Malang, tetapi sintaks dan indikator pembelajaran masih belum sesuai. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah yaitu lebih dari 50% siswa mendapat nilai UAS tepat KKM. Hasil angket dan observasi juga menunjukkan kompetensi sikap dan ketrampilan siswa rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa sesuai Kurikulum 2013 yang dilakukan di SMPN 15 Malang Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII G sebagai kelas kontrol (pembelajaran berbasis proyek di SMPN 15 Malang) dan kelas VII E sebagai kelas perlakuan (pembelajaran berbasis proyek). Analisis dalam penelitian ini adalah analisis kovarian dengan uji lanjut BNT. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Kelas perlakuan yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek mempunyai kompetensi sikap 20,6%, kompetensi pengetahuan 53,7%, kompetensi ketrampilan 39,7% lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi untuk memberdayakan kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan.