Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Imun Untuk Kelas XI SMA
Main Author: | Bayu Putra Suhartono; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/43084 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Suhartono, Bayu Putra. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Imun Untuk Kelas XI SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endang Suarsini, M.Ked., (2) Dra. Amy Tenzer, M.S. Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, multimedia interaktif, sistem imun, dan hasil belajar. Sistem imun merupakan salah satu materi dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA. Berdasarkan hasil observasi diperoleh permasalahan terkait ketiadaan media yang tepat pada pembelajaran sistem imun di SMAN 2. Materi sistem imun yang cenderung abstrak tanpa bantuan media pembelajaran yang tepat menimbulkan permasalahan pada hasil belajar yang diperlihatkan dari rerata nilai yang berada di bawah kriteria kelulusan minimal dan ketuntasan belajar klasikal yang hanya mencapai 64%. Media pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Jenis media pembelajaran sangat banyak tidak terkecuali media pembelajaran yang berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis flash materi sistem imun serta menguji validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg and Gall 1983 yaitu hanya menggunakan 7 tahapan dari 10 tahapan yang ada. Uji coba lapangan tahap awal dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi lapangan untuk mengetahui tingkat kelayakan media. Uji coba lapangan utama dalam penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA 2 SMAN 2 kota Probolinggo pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan media. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan praktisi lapangan dapat disimpulkan media memerlukan revisi pada suara, petunjuk pemanfaatan, dan penambahan materi.. Hasil analisis uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 92,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini sangat praktis. Hasil analisis uji keefektifan menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar ranah pengetahuan maupun ketuntasan belajar klasikal dibandingkan sebelum penelitian. Rerata hasil belajar ranah pengetahuan mengalami peningkatan dari 74 menjadi 84,6 dan ketuntasan belajar klasikal dari 64% menjadi 90% sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran sistem imun.