Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang pada Materi Sistem Ekskresi

Main Author: TRI . RISKAWATI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/41231
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Riskawati, Tri. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani, M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa Observasi awal yang dilakukan satu kali pada materi sistem transportasi di kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang, ditemukan beberapa masalah yakni, 1) metode tanya-jawab yang diterapkan masih berpusat pada guru, 2) keaktifan hanya terpusat pada beberapa siswa saja, 3) belum ada diskusi kelompok sehingga siswa belum mampu bekerja sama dan cenderung individualis, dan 4) hasil belajar pengetahuan pada materi sistem pencernaan makanan masih rendah, ketuntasan klasikalnya yakni sebesar 46,87% (15 siswa dari 32 siswa). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT). Desain penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2015 sampai dengan tanggal 18 Maret 2015. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, catatan lapangan, lembar observasi sikap siswa, lembar observasi keterampilan siswa, dan tes akhir siklus. Model pembelajaran PBL dipadu dengan NHT dapat diterapkan di kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang melalui enam tahap pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I adalah 93,82% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus I adalah 90,37% lalu mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar pengetahuan siswa pada pra-penelitian sebesar 46,87%, setelah diterapkan model pembelajaran PBL dipadu dengan NHT mengalami peningkatan menjadi 78,12%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Hasil belajar sikap siswa pada siklus I sebesar 68,75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Hasil belajar keterampilan siswa pada siklus I sebesar 56,25% lalu mengalami peningkatan menjadi 84,37%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dipadu dengan NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang pada materi sistem ekskresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru lebih memantau jalannya pengamatan dan diskusi sehingga siswa tidak berbicara di luar materi serta guru dapat mengatur waktu yang baik agar setiap langkah pembelajaran berjalan dengan baik.