Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemandirian Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA 2 SMA Brawijaya Smart School Malang-Jawa Timur

Main Author: Erita Rohma; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/41229
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rohma, Erita Nur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemandirian Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA 2 SMA Brawijaya Smart School Malang-Jawa Timur. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd, (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si. Kata kunci: Reciprocal teaching, Problem Based Learning (PBL), pemahaman siswa, kemandirian belajar siswa. Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran merupakan hal penting dan berpengaruh terhadap kualitas dan tujuan pembelajaran untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai positif. Hasil observasi yang dilakukan di Kelas X MIA 2 SMA Brawijaya Smart School diperoleh bahwa, sebanyak 40% siswa menggunakan handphone saat pelajaran, 45% siswa tidak membaca LKS, dan hanya tersedia 2 mikroskop yang dapat digunakan dengan baik, hal ini tidak sesuai dengan kriteria kemandirian belajar siswa. Hasil wawancara menunjukkan pemahaman siswa masih kurang dibuktikan dengan rerata nilai selama setengah semester Ganjil sebanyak 42,3% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, peneliti menerapkan Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran Reciprocal teaching berbasis PBL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis PBL, untuk meningkatkan pemahaman siswa dan kemandirian belajar siswa kelas X MIA 2 SMA Brawijaya Smart School Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas X MIA 2 SMA Brawijaya Smart School. Pengambilan data menggunakan tes akhir siklus I dan siklus II untuk mengukur pemahaman siswa dan analisis tugas mandiri serta angket kemandirian belajar siswa untuk mengukur tingkat kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian terjadi peningkatan pemahaman siswa sebesar 9% dari siklus I ke siklus II. Penerapan model pembelajaran Reciprocal teaching berbasis PBL juga dapat meningkatkan kemandirian siswa yang diukur melalui analisis tugas mandiri (LKS) meningkat sebesar 1,33% dalam kegiatan membuat pertanyaan dan 21,33% dalam kegiatan memprediksi. Berdasarkan hasil angket diperoleh rerata kemandirian belajar siswa sebesar 76,17% yang termasuk dalam kategori Sangat Baik.