Pengembangan Multimedia Pembelajarn Interaktif Materi Sistem Ekskresi dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H di SMPN 15 Malang
Main Author: | Alfi Premitasari; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/40512 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Premitasari, Alfi. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajarn Interaktif Materi Sistem Ekskresi dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H di SMPN 15 Malang . Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S, (II) Siti Imroatul Maslikah, S.Si, M.Si Kata kunci: Pengembangan, Multimedia, Sistem Ekskresi, PBL, Hasil Belajar Hasil wawancara dan observasi pada tanggal 22 Nopember sampai tanggal 27 November 2014 di SMP Negeri 15 Malang dengan guru IPA kelas VIII, nilai UTS semester 1 untuk mata pelajaran IPA masih banyak yang belum tuntas, yaitu lebih dari 50% siswa kelas VIII nilai UTS masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal, siswa terlihat kurang aktif saat proses pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran interaktif untuk pelajaran IPA di sekolah tersebut belum pernah digunakan. Solusi yang dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar, yaitu Multimedia Interaktif. Multimedia interaktif ini dikembangkan dengan mengadaptasi 7 tahap pada model pengembangan Borg & Gall. Tahapan-tahapan tersebut adalah penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji coba lapangan tahap awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, dan revisi produk operasional. Berdasarkan analisis data angket validasi multimedia interaktif oleh ahli media dan ahli materi, didapatkan skor rata-rata 97,78 dan 94,85 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Skor rata-rata yang diperoleh dari angket validasi oleh ahli praktisi lapangan adalah 90 dan termasuk kategori sangat valid. Hasil uji coba skala kecil multimedia interaktif yang dilakukan pada 31 siswa kelas VIII H SMPN 15 Malang menunjukkan skor rata-rata 80,46 dan termasuk dalam kategori valid. Hasil pre-test dan post-testsmemperoleh nilai gain score 0,7 yang termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Hasil belajar kognitif menunjukkan peningkatan 26,12%. Nilai rata-rata hasil belajar afektif pada sikap sosial 4,50 dan hasil belajar afektif pada sikap spiritual 3,80. Hasil belajar psikomotor diperoleh rata-rata nilai 3,90. Produk akhir berupa multimedia interaktif bermuatan materi sistem ekskresi untuk Kelas VIII H SMPN 15 Malang dihasilkan setelah melalui beberapa revisi. Multimedia interaktif ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber belajar mandiri siswa selain buku.