Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Krian

Main Author: Prayoga Rendra Vendiktama; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/39103
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Vendiktama, Prayoga Rendra. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Krian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S., (2) Dra. Hj. Susilowati, M.S. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan kontekstual, model PBL, kemampuan berpikir kritis. Perangkat pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Namun, tidak semua perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu cara agar perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan memasukkan prinsip pendekatan kontekstual dan sintaks model PBL ke dalam perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perangkat pembelajaran biologi (silabus, RPP, dan LKS) berbasis pendekatan kontekstual dengan model PBL serta menguji validitas, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran biologi tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini mengadaptasi model Penelitian & Pengembangan Borg & Gall dan dibatasi sampai dengan tahap ketujuh. Uji coba lapangan tahap awal dilakukan terhadap validator ahli materi, ahli perangkat pembelajaran, dan ahli praktisi lapangan sedangkan uji coba lapangan utama dalam penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 8 SMAN 1 Krian pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Data-data yang diperoleh selama uji coba lapangan kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki skor rata-rata sebesar 3,94 (sangat valid) untuk validasi silabus, 3,91 (sangat valid) untuk validasi RPP, dan 3,94 (sangat valid) untuk validasi LKS. Keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui melalui hasil pretes-postes siswa menunjukkan bahwa peningkatan gain score siswa termasuk dalam kriteria sedang dengan tingkat gain sebesar 0,61. Sebagian besar siswa kelas XI IPA 8 SMAN 1 Krian memberikan respon positif ketika mengisi angket respon siswa terhadap pembelajaran dan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.