PenerapanPembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar

Main Author: Qoni'ah Kusuma Wardani; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/36186
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/36186/19158
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wardani, Qoni’ah Kusuma. 2014. Penerapan Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarwono, M.Pd., (II) Dr. Betty Lukiati, M.S. Kata Kunci: Pembelajaran discovery, motivasi, hasil belajar Hasil observasi awal pada bulan April dan September 2013 menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar masih rendah. Siswa terlihat kurang antusias mengikuti pembelajaran, yang ditunjukkan dengan sikap acuh, belum berani mengungkapkan pendapat dan pasif selama proses pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu rerata ketuntasan klasikal siswa masih mencapai 57,14% dan masih jauh dari ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 85%. Perbaikan dalam proses pendidikan harus terus dilakukan untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif, bermakna, dan menjadikan siswa aktif serta kreatif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pembelajaran discovery, yaitu metode yang menuntut siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran dan menemukan konsep sendiri melalui kegiatan pengamatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II selama 3 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2013. Subyek penelitian adalah 26 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa keterlaksanaan pembelajaran (diukur dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran), motivasi belajar (diukur dengan lembar observasi dan angket), dan hasil belajar yang terdiri atas aspek kognitif (diukur dengan tes akhir setiap siklus), aspek afektif (diukur dengan lembar penilaian afektif), dan aspek psikomotorik (diukur dengan lembar penilaian psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase motivasi klasikal berdasarkan hasil observasi meningkat dari 76,8% menjadi 86,9% dengan kategori sangat baik. Motivasi siswa berdasarkan angket meningkat dari skor 3,86 menjadi 3,96 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat 73,1% menjadi 85%. Rerata klasikal hasil belajar afektif siswa meningkat dari 67,3 mencapai 74,9 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik siswa meningkat dari 77% menjadi 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran discovery terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Blitar.