PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL UNTUK MENGEMBANGKAN TINGKAT BERPIKIR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MA AL-HIDAYAH DONOWARIH KARANGPLOSO MALANG
Main Author: | fery sulistiyaningsih; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/3605 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSulistiyaningsih, Fery. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model JigsawUntuk Mengembangkan Tingkat Berpikir danMeningkatkan Hasil Belajar BiologiSiswa Kelas XI MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang.Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Susetyoadi Setjo, M.Pd, (II) Dra. SriRahayu Lestari, M.SiKata kunci : model pembelajaran Jigsaw, tingkat berpikir, hasil belajar BiologiBerdasarkan observasi awal di MA Al-Hidayah Donowarih Malang, diketahuitingkat berpikir dan hasil belajar siswa kelas XI masih relatif rendah. Tingkat berpikirsiswa dapat dilihat dari pertanyaan siswa yang masih tergolong tingkat rendah. Data awalberdasarkan skor Ujian Akhir Semester masih rendah yakni sebesar 5,88%. Tingkatberpikir dan hasil belajar yang masih rendah ini disebabkan oleh metode pembelajaranyang diterapkan masih menggunakan metode ceramah dan kurang adanya variasi dalampembelajaran. Pada beberapa penelitian sebelumnya, yakni penelitian yang dilakukanoleh Sutiyani (2008) dan Utami (2007) diperoleh bahwa penerapan pembelajaran modeljigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan oleh Umaroh(2005) menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkankemampuan berpikir siswa. Keunggulan pembelajaran kooperatif model jigsawmeningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan jugapembelajaran orang lain. Model pembelajaran jigsaw merupakan salah satu model yangdapat digunakan untuk mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajarsiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan tingkat berpikirsiswa dan 2) meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MA Al-Hidayah DonowarihKarangploso Malang dan pokok bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia. Penelitian inibertujuan untuk: 1) mengembangkan tingkat berpikir siswa dengan penerapanpembelajaran kooperatif model Jigsaw, dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa denganpenerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw.Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsawdapat : 1) mengembangkan tingkat berpikir siswa dari siklus I ke siklus II dimana padasiklus I siswa masih belum terbiasa dengan model Jigsaw, sehingga pertanyaanpertanyaanyang muncul masih sedikit namun pada siklus II siswa sudah terbiasa denganmodel pembelajaran yang diterapkan, yakni ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaansiswa yang termasuk tingkat berpikir tinggi, dan 2) meningkatkan hasil belajar Biologisiswa. Data hasil belajar Biologi siswa yang diambil dari hasil UAS, tes siklus I dan tessiklus II menunjukkan peningkatan, yakni pada data awal diperoleh persentase hasilbelajar sebesar 5,88% dan pada siklus I meningkat menjadi 23,53%. Pada siklus II,persentase hasil berpikir meningkat menjadi 82,35%. Penerapan pembelajaran kooperatifmodel Jigsaw dapat mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajarsiswa. Dengan pembelajaran model Jigsaw tingkat berpikir siswa menjadi berkembangdan hasil belajar siswa juga meningkat. Guru hendaknya juga harus lebih kreatif dalammenggunakan model dan media pembelajaran yang variatif.