PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DIPADU DENGAN STAD PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-MIPA 2 SMA NEGERI 1 TUMPANG

Main Author: SERLY FRIDA SILVIA RIZKI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/35352
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rizki, Serly Frida Silvia. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif NHT Dipadu dengan STAD pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd., (2) Dr. Murni Saptasari, M.Si. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Student Teams Achievement Divisions, Motivasi, Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang, diketahui bahwa siswa kurang perhatian, kurang senang dan kurang termotivasi. Berdasarkan hasil observasi juga diketahui bahwa guru hanya menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan tidak menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi. Kurangnya motivasi siswa tersebut berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dipadu dengan Student Teams Achievement Divisions. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian tindakan kelas adalah perenca¬naan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian siklus I dilakukan pada materi Plantae sedangkan siklus II dilakukan pada materi Animalia. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket motivasi belajar siswa. Hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan tes yang dilak¬sanakan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan angket, motivasi belajar siswa meningkat dari 51,29% sebelum dilakukan tindakan menjadi 78,17% setelah dilakukan tindakan atau meng¬alami peningkatan sebesar 26,88%. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 11,11%. Pada tes akhir siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 83,33% sedangkan pada tes akhir siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 94,44%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dipadu dengan Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang.