Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang
Main Author: | Ardhitya Dewi Kumalasari; 2007 |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/3457 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/3457/3098 |
Daftar Isi:
- iABSTRAKKumalasari, Ardhitya Dewi. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif ModelGroup Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil BelajarBiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan BiologiFMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. SusetyoadiSetjo, M.Pd., (II) Dra. Murni Saptasari, M.Si.Kata kunci: Motivasi belajar, Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif modelGroup Investigation (GI).Observasi awal yang dilakukan peneliti selama melakukan PraktekPengalaman Lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi di kelas X-1SMA Negeri 7 Malang ada beberapa masalah antara lain: (1) motivasi belajar siswasangat kurang, hal itu terlihat ketika pembelajaran berlangsung siswa selalu ramai,berbicara dengan teman dan sering ijin keluar dan tidak kembali ke kelas, (2)dalam menyelesaikan suatu tugas, siswa dengan karakteristik yang sama cenderunguntuk mengelompok menjadi satu, termasuk siswa yang merasa memiliki kemampuanyang sama juga mengelompok menjadi satu sehingga terbentuk kelompok-kelompok homogen yang tidak seimbang di kelas, (3) metode ceramah yangditerapkan oleh guru tidak menarik minat dan perhatian siswa untuk belajar dengansungguh-sungguh sehingga mempengaruhi hasil belajarnya dimana setiap tesselalu ada siswa yang tidak tuntas belajar yang jumlahnya ≥ 50% jumlah siswa dikelas. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakanpembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkanmotivasi dan hasil belajar Biologi siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan pendekatankualitatif dan dirancang dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalahsiswa kelas X-1 SMA Negeri 7 Malang semester genap tahun ajaran 2006/2007.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatifmodel Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarBiologi siswa. Motivasi belajar siswa meningkat sebesar 31,48% yaitu dari46,15% dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 77,63% dengan kategoribaik pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, terlihat darinilai rata-rata siswa sebesar 81,94% pada siklus I menjadi 89,18% pada siklus IIdan siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan dari 79,49% padasiklus I menjadi 97,44 % pada siklus II. Hasil angket juga menunjukkan bahwasiswa menyukai dan lebih termotivasi untuk belajar Biologi setelah mengikutipembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI).Berdasarkan penelitian tersebut ketika menerapkan metode pembelajarankooperatif model Group Investigation (GI) guru diharapkan lebih memberi bimbingandan memperhatikan penggunaan waktu, selain itu sebaiknya guru Biologimenggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaranagar motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Salah satu metode yang dapatmeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatifmodel Group Investigation (GI), sehingga metode pembelajaran ini disarankanuntuk diterapkan di kelas. Selain itu perlu juga dilakukan penelitian sejenis padakonsep-konsep Biologi yang lain.