Pengembangan Perangkat Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Discovery-Inquiry dengan Sumber Belajar Kebun Raya Purwodadi untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwosari

Main Author: Cinthia Martiana; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/33419
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/download/33419/17279
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Martiana, Cinthia. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Discovery-Inquiry dengan Sumber Belajar Kebun Raya Purwodadi untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwosari. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim, M.Si., (II)Ir. Nugrahaningsih M.P. Kata Kunci: Kebun Raya Purwodadi, Discovery-Inquiry, Sikap Ilmiah, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman Konsep, SMP Negeri 1 Purwosari Potensi keunggulan lokal dalam Kurikulum 2013 dianjurkan digunakan dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA dapat diperkuat dengan menggunakan pembelajaran yang berbasis discovery-inquiry. Pembelajaran dapat berjalan lancar jika perencanaan pembelajaran dibuat lebih dulu sebelum pembelajaran dilakukan. Perencanaan pembelajaran yang tepat akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang efektif, sehingga perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis discovery-inquiry dengan menggunakan sumber belajar keunggulan lokal untuk menunjang proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwosari, belum memanfaatkan sumber belajar keunggulan lokal secara optimal, karena sumber belajar yang digunakan hanya sebatas lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran klasifikasi tumbuhan untuk siswa SMP kelas VII yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dengan menggunakan sumber belajar Kebun Raya Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Data dalam penelitian dan pengembangan ini ada 2, yaitu data kuantitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skor angket validasi, skor pemahaman konsep siswa, dan skor keterampilan proses sains, serta skor sikap ilmiah siswa selama uji coba. Data kualitatif diperoleh dari saran atau komentar yang diberikan pada saat validasi. Validator dalam penelitian dan pengembangan ini ada 3, yaitu validator ahli perangkat, ahli materi, dan ahli lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, dengan rincian silabus yang memilliki validitas 94,3%; RPP memiliki validitas 95,2%, handout memiliki validitas 98,2% dan instrumen penilain yang dikembangkan memiliki validitas 98,1%. Perangkat yang dikembangkan memiliki tingkat efektivitas 78%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan sudah cukup efektif dari segi pencapaian tujuan pembelajaran, namun perlu dilakukan perbaikan agar tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat dicapai secara optimal. Hasil uji coba menunjukkan bahwa siswa kelas VII-i memiliki sikap ilmiah 84,3% dan keterampilan proses sains 82,3%. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis discovery-inquiry dengan menggunakan sumber belajar Kebun Raya Purwodadi dapat mengembangkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa. Perangkat pembelajaran klasifikasi tumbuhan yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk siswa kelas VII, karena sudah disesuaikan dengan Kurikulum 2013.